Trenz Indonesia
News & Entertainment

Jelang HPN 2023, Polri Dan Dewan Pers Sepakat Tingkatkan Pengawasan Cegah Hoaks Tahun Politik

peringatan Hari Pers Nasional

185

MEDAN, Trenzindonesia | Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Dedi Prasetyo menghadiri peringatan Hari Pers Nasional bertemakan Sosialisasi Peran Kerja Sama Dewan Pers-Polri Dalam Rangka Perlindungan Kemerdekaan Pers, di Medan, Sumatera Utara.

Kadiv Humas memaparkan, Polri dan Dewan Pers telah bekerja sama dalam sebuah nota kesepahaman mengenai perlindungan kemerdekaan pers dan penegakan hukum terkait penyalahgunaan profesi. Nota kesepahaman ini dibuat guna memberikan pedoman bagi Polri dan Dewan Pers dalam pengawasan konten dan pemberitaan, terutama jelang Pemilu 2024.

“Tentunya, perlu adanya peningkatan literasi kepada masyarakat terkait aturan pemilu sehingga masyarakat memiliki imunitas terhadap berbagai hoaks, kampanye negatif/hitam, politik identitas, dan sebagainya sehingga tidak mudah terprovokasi dan terpolarisasi,” ungkap Kadiv Humas di Medan, Selasa (7/2/23).

Menurut Kadiv Humas, tak dipungkiri, jelang tahun politik ini penyebaran hoaks dikarenakan 3 fenomena baru yang terjadi di media. Pertama, dikarenakan konvergensi media, di mana pemilik media massa memiliki lebih dari satu jenis media, sehingga bila terjadi penyebaran berita tanpa fakta dan data menjadi satu hoaks.

Kedua, karena adanya citizen jurnalism di mana setiap orang bisa menjadi pembuat media yang akhirnya tersebar tanpa mengecek kebenaran terlebih dahulu. Terakhir, viralogi di mana sebuah pemberitaan tersebar dengan cepat menjadi trending dan masyarakat tidak memiliki kecukupan memilah dan mengonfirmasi berita tersebut. (Polri.go.id/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.