Trenz Indonesia
News & Entertainment

Kasbrigif 14 Kostrad Hadiri Seba Baduy 2024 di Lebak Banten

75

Lebak, Trenzindonesia | Kepala Staf Brigade Infanteri (Kasbrigif) 14 Kostrad, Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo, mewakili Danbrigif 14 Kostrad Kolonel Inf Mario Christian Noya, menghadiri acara Seba Baduy 2024.

Kasbrigif 14 Kostrad Hadiri Seba Baduy 2024 di Lebak BantenAcara yang berlangsung di Pendopo Bupati Lebak ini diikuti oleh seluruh prajurit jajaran Brigif Mekanis 14 Kostrad, yaitu Yonif Mekanis 318 Kostrad dan Yonif Mekanis 320 Kostrad, yang beroperasi di wilayah Banten. Tradisi Seba Baduy tersebut digelar 18 Mei 2024.

Kasbrigif 14 Kostrad Hadiri Seba Baduy 2024 di Lebak BantenSeba Baduy merupakan acara tahunan yang penting bagi masyarakat Baduy, yang mendiami kaki Pegunungan Kendeng di Desa Kanekes. Acara ini digelar setelah masyarakat Baduy menyelesaikan tradisi Kawalu, sebuah ritual selama tiga bulan yang melibatkan puasa dan doa demi keselamatan bangsa dan negara.

Kasbrigif 14 Kostrad Hadiri Seba Baduy 2024 di Lebak BantenSeba diartikan sebagai silaturahmi atau kunjungan kepada Bupati, unsur pimpinan daerah, serta dari unsur TNI dan Polri. Tradisi Seba Baduy memiliki nilai luhur yang harus dipertahankan sepanjang masa. Rangkaian acara Seba Baduy termasuk penyambutan warga Baduy yang berjalan kaki sejauh 60 km dari Desa Kanekes ke Alun-alun Rangkasbitung, Bazar Tradisi Baduy, pertunjukan wayang golek, dan berjalan kaki menuju Pendopo Bupati Serang untuk melaksanakan ritual inti yaitu Setor Seba Baduy kepada Gubernur Banten dan Bupati Serang.

“Keterlibatan Brigif Mekanis 14/MY 1 Kostrad dan jajarannya, mewujudkan kecintaan dan kebanggaan atas budaya Luhur yang ditinggalakan oleh leluhur kepada generasi penerus yang harus dipelihara dan dipertahankan dari gempuran globalisasi dan mordenisasi saat ini,” ujar Danbrigif Mekanis 14 Kostrad.

Kasbrigif 14 Kostrad Hadiri Seba Baduy 2024 di Lebak BantenKasbrigif 14/Mandala Yudha merasa bangga dan mengapresiasi keteguhan warga Baduy dalam melaksanakan tradisi kebudayaan yang diamanatkan oleh leluhurnya salah satunya dengan menjaga keasrian alam di suku Baduy. (Penkostrad).

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.