News Otomotif

Kemenparekraf Luncurkan Program Baparekraf Scale-Up Champions 2024

Kemenparekraf Luncurkan Program Baparekraf Scale-Up Champions 2024

Jakarta, Trenzindonesia | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) secara resmi mengumumkan peluncuran program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) 2024.

Program ini, yang berkolaborasi dengan KUMPUL.ID sebagai penggerak ekosistem kewirausahaan Indonesia, didedikasikan untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi global startup digital Indonesia melalui bimbingan komprehensif, pencocokan bisnis, dan peluang jaringan.

Pada peluncurannya, Kemenparekrafmengumumkan 10 startup yang berhasil lolos tahap seleksi untuk mengikuti rangkaian workshop, mentoring, dan peluang akses ke mitra global. Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) adalah program akselerasi yang dirancang untuk mendorong inovasi dan kemajuan teknologi di kalangan startup digital Indonesia. Program ini berfokus pada startup dengan aplikasi yang mendukung pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif. BSCkembali digelar setelah suksesnya program sebelumnya di tahun 2023.

Meningkatnya antusiasme para pelaku startup terlihat dari peningkatan peserta yang mendaftar sebanyak 332 startup, dua kali lipat dari periode sebelumnya. Angka tersebut menunjukkan tingginya minat dan potensi yang besar dalam ekosistem startup Indonesia. Melalui kampanye roadshow yang dilakukan di Yogyakarta dan Bandung, program ini berhasil menarik perhatian talenta dan startup inovatif terbaik dari seluruh negeri.

Program Baparekraf Scale-Up Champions 2024 secara resmi dibuka pada 28 Juni 2024 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. “Baparekraf Scale-Up Champions 2024 merupakan wujud komitmen kami untuk mengakselerasi pertumbuhan startup digital untuk mengakses sumber daya yang dibutuhkan serta kesempatan untuk mengakses pasar global,” kata Sandiaga.

Kemenparekraf Luncurkan Program Baparekraf Scale-Up Champions 2024Melalui proses penjurian ketat oleh Kemenparekraf dan KUMPUL.ID, program BSC telah menentukan 10 startup terbaik yang akan mengikuti rangkaian program selanjutnya dalam beberapa bulan ke depan.

Dalam acara Kick-Off BSC 2024 yang berlangsung di The Hermitage Jakarta, Jum’at (28/06/2024), Iman Santoso, Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio Kemenparekraf/Baparekrafmengumumkan 10 startup yang terpilih yakni Feedloop, SMEs Pack, Momofin, Botika, Duluin, Manuport, FisioHome, Arkopay, Pajak IO, dan Digitiket. Proses penjurian turut didukung oleh Aksara Ventures, Indogen Capital, SPIL Ventures, Living Lab Ventures, dan Spiral Ventures.

Kemenparekraf Luncurkan Program Baparekraf Scale-Up Champions 2024Dengan terpilihnya 10 startup tersebut, program BSC 2024 akan melanjutkan rangkaian yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan startup dengan kegiatan pertamanya yaitu Workshop Launchpad, yang mana startup akan mendapatkan akselerasi intensif dalam berbagai aspek bisnis dan teknologi. Setelah itu, akan disusul dengan kegiatan mentoring dan business matching untuk membuka peluang bagi startup terpilih bisa menjalin kerja sama bisnis yang strategis dengan mitra program BSC.

Rangkaian program BSC 2024 akan diakhiri dengan para startup terpilih berkesempatan mengikuti perjalanan validasi bisnisnya ke Sydney, Australia pada Oktober 2024. Perjalanan yang disebut sebagai Validation Trip ini nantinya membekali para startup dengan peluang untuk memperluas jaringan, mendapatkan wawasan global, dan memvalidasi ide bisnis mereka di pasar internasional.

“Tahun ini kita (program BSC 2024) mulai bekerja sama dengan Australia. Banyak sekali perusahaan di Australia yang ‘going global’ arahnya ke Eropa dan ke Amerika, dan ini bisa menjadi batu loncatan bagi startup-startup kita,” ungkap Faye Wongso selaku Founder dan Chairperson dari KUMPUL.ID.

Dalam pidatonya, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Neil El Himam, juga menegaskan pentingnya startup Indonesia untuk melakukan ekspansi ke pasar global melalui program BSC 2024. “Validation trip ini adalah kesempatan bagi para startup untuk memperluas jaringan mereka, mendapatkan wawasan global, dan memvalidasi bisnis mereka ke pasar internasional,” tambah Neil El Himam.

Informasi dan update terkait program Baparekraf Scale-Up Champions 2024 dapat disimak melalui www.baparekrafscaleupchampions.com dan akun Instagram resmi di instagram.com/bsc.baparekraf. (Fjr)

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya