Trenz Indonesia
News & Entertainment

Kerjasama Kadin Indonesia, TV Budaya, Anjungan Provinsi Riau Dorong Wirausaha Berbasis Culture Preneur

237

Jakarta, Trenz Life Style I Kekayaan bumi Indonesia dikenal luas sejak dulu. Pada masanya, kemenyan, kayu cendana, dan kapur barus dari Indonesia sangat dikenal di Cina menyaingi bahan wangi-wangian lainnya dari Asia Barat.

Begitu pula berbagai jenis rempah-rempah, seperti lada dan cengkih, serta hasil-hasil kerajinan dan berbagai jenis binatang khas yang unik.

“Dari kekayaan alam tersebut, bangsa Indonesia kemudian berperan aktif dalam perdagangan internasional dengan berlayar sendiri ke berbagai negara di dunia,” ujar Kepala Anjungan Riau TMII, Dr. H. Zulfikar M.Si, M.Hum, di Anjungan Provinsi Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta, Minggu (11/4).

Seniman, dan budayawan yang juga seorang birokrat ini, dijumpai wartawan pada saat penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Kadin Indonesia, PT. Budaya Nusantara Gemilang (TV Budaya), dan Anjungan Provinsi Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kerjasama ini bertujuan memberi dukungan publikasi, edukasi dan event, khususnya dalam bidang pengembangan UMKM sejalan dengan program strategis Kadin Indonesia. Penyelengaraan kegiatan bazzar dan pameran UMKM. Publikasi, promosi dan edukasi UMKM melalui penayangan di Channel Streaming TV-Budaya yang ada di Pusat maupun Daerah .

“Kerjasama ini sekaligus bertujuan memberi bekal pengetahuan dan keterampilan untuk merancang dan memulai usaha. Membentuk kelompok-kelompok wirausaha muda pemula (KWP), yang mampu melaksanakan dan mengembangkan usaha sesuai dengan potensi sumberdaya lingkungannya untuk kesejahteraan diri dan masyarakat sekitarnya,” kata H. Zulfikar.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut diwakili, R.M. Tedy Aliudin (Wakil Ketua Umum Bidang UMKM dan Koperasi Kadin Indonesia), Anas Tolani (Direktur Utama PT. Budaya Nusantara Gemilang), dan Dr. H. Zulfikar M.Si, M.Hum (Kepala Anjungan Provinsi Riau –TMII).

“Sesuai kegiatan di Anjungan Riau yang berbasis budaya dan anak muda, kerjasama ini kami harapkan dapat melahirkan kader-kader wirausahaaan muda. Membangun kesadaran, motivasi dan memanfaatkan peluang berwirausaha sesuai dengan potensi diri dan potensi lingkungannya,” ujar H. Zulfikar.

Dinamika dunia usaha di Indonesia dan perdagangan lintas dunia, kata H. Zulfikar, sudah dirintis sejak era bangsa ini dikenal sebagai bangsa Nusantara. “Dinamika tersebut karena kultur masyarakat kita yang terbuka dan bersahabatnya bangsa ini dengan berbagai bangsa lain di dunia,” ujarnya.

Potensi pemuda, ujar H. Zulfikar lagi, harus menjadi blok baru bagi kekuatan ekonomi global. Untuk itu perlu dilakukan berbagai program pelatihan untuk mengubah mindset tersebut.

“Diantaranya melalui pelatihan kewirausahaan dan agenda kegiatan lainnya yang sudah kami rancang melalui kerjasama tiga lembaga ini,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum Bidang UMKM dan Koperasi Kadin Indonesia, R.M. Tedy Aliudin, pada kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya merupakan organisasi yang bergerak bagi kepentingan dunia usaha beserta seluruh stakeholders-nya.

“Terutama berkaitan dengan pembuatan dan implementasi kebijakan ekonomi di seluruh Indonesia,” terang R.M. Tedy Aliudin.

Dari kerjasama ini, R.M. Tedy Aliudin berharap, melalui salurannya TV Budaya Nusantara dapat menginspirasi, memotivasi, dan mengedukasi, serta mendorong promosi, publikasi bagi pengembangan UMKM.

Tantangan dan momentum di masa depan, kata R.M. Tedy Aliudin, adalah suatu kondisi yang harus mendapat perhatian masyarakat, khususnya peran pemuda. Pemuda harus memegang peranan sentral sebagai agen perubahan.

“Dengan semangat pembaharu, diharapkan para pemuda Indonesia masa depan bisa lebih aktif, dinamis, kreatif, inovatif, produktif, progresif, berpandangan optimis dan visioners, dalam memajukan bangsa,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.