Trenz Indonesia
News & Entertainment

Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Pelaksanaan Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2023

216

JAKARTA, Trenzindonesia | Ketua MPR RI sekaligus Penasehat Perbakin, Bambang Soesatyo mengapresiasi pelaksanaan Lomba Menembak Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2023 di Lapangan Tembak Perbakin, 16-19 Maret 2023. Diikuti sekitar 400 peserta yang terdiri dari anggota TNI, Polri, dan masyarakat umum, Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2023 diharapkan mampu menjaring bakat-bakat atlet menembak potensial bagi Indonesia di masa depan.

“Saya mendorong Institusi TNI dan Polri untuk ikut memperbanyak kejuaraan menembak. Selain sebagai ajang silaturahmi antara TNI, Polri dan masyarakat, dapat menjadi wadah bagi penyaringan atlet-atlet nasional. Termasuk meningkatkan kemampuan menembak para prajurit TNI dan Polri,” ujar Bamsoet usai menghadiri Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2023 di Lapangan Tembak Perbakin Jakarta, Minggu (19/3/23).

Turut hadir antara lain Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM dan Keamanan ini menjelaskan, Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2023 mempertandingkan beberapa kelas menembak. Seperti kelas IPSC, airsoft, air rifle, air pistol, dan PCP-benchrest. Selain, mempertandingkan kelas Paspampres Style yang menitikberatkan pada menembak pertahanan diri. Memperebutkan total hadiah Rp 248 juta dan grand prize berupa sepeda motor.

“Dengan dukungan Perbakin, Lomba Menembak Piala Danpaspampres menjadi ajang lomba menembak yang diselenggarakan setiap tahun. Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres total sudah 19 kali digelar. Namun sempat terhenti saat pandemi Covid-19,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menerangkan, kemampuan menembak prajurit TNI tidak perlu diragukan. Salah satunya diperlihatkan dengan 13 kali menjadi Juara Umum lomba tembak internasional ASEAN Armies Rifle Meet (AARM). Prestasi menembak Prajurit TNI juga ditunjukan dari keberhasilan Pasukan TNI/Kontingen Indonesia yang tergabung dalam Satuan Tugas Perdamaian UNIFIL di Lebanon Selatan.

Mereka berhasil menjuarai Small Arms Shooting Competition (SASCO) 2022 yang diselenggarakan UNIFIL di Naqoura Firing Range, UNIFIL HQ, Lebanon, Maret 2022.

“Di tingkat sipil, prestasi menembak Indonesia diperlihatkan oleh keberhasilan menjadi dua kali juara umum cabang olahraga menembak pada SEA Games 2019 di Filipina dan SEA Games 2022 Vietnam. Di Olimpiade Tokyo 2020, atlet menembak Indonesia, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba, juga berhasil mengukir sejarah bagi Indonesia. Ia menjadi atlet menembak Indonesia pertama yang berhasil berlaga dalam Olimpiade,” pungkas Bamsoet. (PR/Ocdy) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.