Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pemeriksaan HIV/AIDS, Kasubsi Administrasi dan Perawatan Konsisten Perhatikan Kesehatan Warga Binaan

85

Jakarta, Trenz News | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Kanwil Kemenkumah DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan penyakit HIV dan AIDS bagi Warga Binaan. Setidaknya kurang lebih 100 warga binaan tahanan baru mengikuti kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan HIV AIDS yang dilaksanakan di Gazebo Rutan Cipinang, Rabu (15/12). Kegiatan ini selain bertujuan untuk memastikan kesehatan dari warga binaan, juga untuk mencegah terjadinya penyebaran HIV/AIDS di Rutan Kelas I Cipinang.

Kepala Subseksi Administrasi dan Perawatan, Sakti Wahyu mengatakan Rutan Kelas I Cipinang itu adalah zona rentan untuk pengguna narkoba yang kemungkinan ada yang terjangkit HIV/AIDS. Namun pihak Rutan konsisten untuk memberikan pengetahuan terkait bahayanya penyakit HIV/AIDS oleh dr. Julius Rutan Cipinang dan dilakukannya pemeriksaan Skrining dan pengambilan sample darah untuk pemeriksaan HIV/AIDS oleh Tim Dokter Rutan Cipinang.

“Tes HIV/ AIDS ini menggunakan metode tes darah, jika dari hasil yang didapat ada salah satu warga binaan yang positif terjangkit penyakit menular tersebut, maka akan dilakulan tindak lanjut dengan tes menyeluruh dan pemberian obat khusus,” Ucap Sakti

Menurut Sakti, pemeriksaan ini setidaknya wajib dilaksanakan minimal sekali dalam 1 tahun. Tujuannya sebagai upaya deteksi dini dan juga sebagai pemenuhan standar pelayanan minimum kesehatan khususnya bagi warga binaan di Rutan Kelas I Cipinang

“Ini merupakan salah satu kewajiban Rutan Kelas I Cipinang terkait standar pelayanan minimum bidang kesehatan karena kegiatan ini sangat dibutuhkan agar warga binaan dapat mengetahui informasi tentang HIV/AIDS sesegera mungkin agar ketika ada yang mengidap penyakit tersebut dapat ditangani secepatnya,” tutup Sakti  (PR/Ian Rasya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.