Trenz Indonesia
News & Entertainment

Peringatan Hari Pramuka ke-62, Siap Sedia Membangun SDM Profesional dan Berwawasan Kebangsaan

116

Trenzindonesia | Jakarta, Peringatan Hari Pramuka ke-62 di tingkat nasional ditandai dengan Apel Besar yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur (14/8/2023) Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Wakil Presiden RI, Bapak *Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin*, selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Peringatan Hari Pramuka kali ini mengambil tema ”Dengan Peringatan Hari Jadi Pramuka ke-62 Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”. Tema yang disampaikan Ketua Kwartir Nasional, dengan pertimbangan semua kegiatan akan dapat sukses, berhasil dan mempunyai tata kelola yang baik apabila didukung oleh SDM yang profesional, masing-masing anggota Gerakan Pramuka dapat menjalankan semua pekerjaannya dengan baik dan mahir sesuai dengan bidang lingkup tugasnya. Selain itu, profesional juga berarti mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi, disiplin dan berintegritas.

Mencermati SDM yang ada sekarang ini masih belum sesuai dengan harapan, maka di Hari Pramuka yang ke-62 ini perlu dicanangkan kembali.

Sementara, berwawasan kebangsaan perlu diangkat agar tidak luntur dan tetap mempunyai nasionalisme, cinta Tanah Air dan semangat bela negara. Sehingga sampai kapan pun persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa tetap solid.

Terkait dengan globalisasi dan masuknya pengaruh dan budaya dari luar, diharapkan melalui pendidikan kepramukaan dapat dipilih dan dipilah, mana yang baik dan bermanfaat bagi Indonesia, dan mana yang tidak. Di samping itu, Gerakan Pramuka juga senantiasa mewujudkan peran nyata dalam bakti masyarakat, termasuk dalam penanganan pencegahan dan penanggulangan bencana.

Apel Besar Hari Pramuka ke-62 di Cibubur ini, juga turut diundang Ketua MPR, Ketua DPR, Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri dan Pimpinan Lembaga Negara lainnya, kedutaan besar negara sahabat, perwakilan Kwartir Daerah, para Pelatih dan Pembina Pramuka se-Jabodetabek, para Pramuka Berkebutuhan Khusus, peserta kontingen Jambore Dunia Tahun 2023 di Korea Selatan serta 25.000 peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023.

Apel Besar juga ditandai dengan atraksi marching band Secapa TNI AD, atraksi kreatif free fall komando khusus TNI AD, dan pagelaran tari kolosal nusantara dari Kwartir Cabang Kabupaten Bogor. Lapangan upacara juga diperindah dengan hiasan-hiasan khas Pramuka, dan di sekeliling lapangan upacara juga terdapat stand pameran Kwartir-kwartir Daerah.

Wakil Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka juga akan menganugerahkan sejumlah tanda penghargaan, baik kepada orang dewasa dalam Gerakan Pramuka, Pramuka Luar Negeri, maupun kepada perwakilan para peserta didik. Mereka yang menerima tanda penghargaan itu adalah Major General (Ret.) Prof. Dato’ Dr. Haji Mohd. Zin bin Bidin, Acting Chief Scout Malaysia/Pemangku Ketua Pengakap Negara, Malaysia (Lencana Satyawira Utama); Dr. (HC) H. Sahbirin Noor, S.Sos., MH, Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan (Lencana Melati); Ir. Hj. Ratna Machmud, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Musi Rawas, Sumatera Selatan (Lencana Darma Bakti); Hj. Siti Atikoh Suprianti, STP, MT, MPP (Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah (Lencana Karya Bakti); dan Muhammad Faiq Al Basith, Pramuka Penggalang Garuda DKI Jakarta (Lencana Pramuka Teladan).

Bersamaan dengan Apel Besar Hari Pramuka ke-62 juga dilaksanakan pembukaan Raimuna Nasional XII Tahun 2023 yang akan berlangsung sampai 21 Agustus 2023. Raimuna Nasional adalah perkemahan besar Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun), yang diadakan setiap lima tahun sekali. Dalam kegiatan ini ikut serta 16.207 peserta dari seluruh Indonesia (dedeh/amin)

Leave A Reply

Your email address will not be published.