Trenz Indonesia
News & Entertainment

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Yogyakarta

Menyongsong Jalur Jalan Lintas Selatan Jawa yang Lebih Kuat

143

YOGYAKARTA, Trenzindonesia | Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan penuh semangat meresmikan Jembatan Kretek 2 pada Jumat (02/06/2023). Jembatan yang terletak di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta ini akan memperkuat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang sedang dalam proses pembangunan dan ditargetkan selesai pada tahun ini.

“Ya, ini adalah jalur jalan lintas selatan. Mulai dari ujung Banten hingga ujung Banyuwangi di Jawa Timur, akan segera selesai tahun ini,” ujar Presiden dengan bangga.

Pembangunan Jembatan Kretek 2 adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat konektivitas jalan dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa melalui jalur lintas selatan. Menurut Presiden, pembangunan infrastruktur jalur lintas selatan di beberapa wilayah Jawa telah mencapai 100 persen.

“Kekurangan jalur ini hanya 14 kilometer di Daerah Istimewa Yogyakarta dan 24 kilometer di Jawa Timur, namun semuanya telah selesai. Jalannya seperti ini,” kata Presiden sambil menunjukkan keadaan jalan.

Presiden berharap JJLS dapat meningkatkan kelancaran arus barang dan mobilitas orang, serta meningkatkan daya saing produk-produk yang dihasilkan di daerah Jawa bagian selatan.

“Kami berharap kecepatan jalur logistik, mobilitas orang, dan mobilitas barang semuanya bisa lancar karena kami sekarang memiliki jalur lintas selatan. Kami ingin produk-produk yang diproduksi di Jawa bagian selatan ini bisa masuk ke pasar dengan daya saing yang lebih baik, menuju kesana,” tegasnya.

Jembatan Kretek yang melintasi Sungai Opak memiliki panjang total sekitar 2,7 kilometer. Infrastruktur megah ini dibangun dengan total investasi mencapai Rp364 miliar, menunjukkan komitmen pemerintah dalam membangun sarana transportasi yang kuat dan terkoneksi dengan baik.

Dengan adanya Jembatan Kretek 2 dan jalur lintas selatan yang sedang diperkuat, diharapkan masyarakat dapat menikmati perjalanan yang lebih lancar dan cepat antara daerah-daerah di Pulau Jawa. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan daya saing produk-produk lokal. Semua ini adalah bagian dari visi pemerintah untuk membangun infrastruktur yang handal demi kemajuan bangsa. (FID/UN/setkab.go.id/Fjr))

Leave A Reply

Your email address will not be published.