Trenz Indonesia
News & Entertainment

PWI Sultra Persiapkan Tahapan Pelaksanaan UKW 2023

181

KENDARI, Trenzindonesia | Ditahun 2023 ini, PWI Provinsi Sulawesi Tenggara kembali akan menyelenggaraka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada Agustus mendatang.

Hingga kini, Panitia pelaksana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2023 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, semakin mematangkan persiapannya.

Ketua Panitia UKW tahun 2023, Mirkas menyampaikan, kalau saat ini panitia telah merampungkan persiapan tahapan pelaksanaannya.

“Kami telah melakukan rapat persiapan untuk agenda-agenda pelaksanaannya, mulai dari pra UKW, pelaksanaannya, hingga evaluasi,” kata Mirkas, Rabu 5 April 2023.

Lebih lanjut, Ia juga mengajak kepada rekan-rekan anggota PWI Sultra yang belum memiliki kesempatan mengikuti UKW untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan kali ini.

“Pendaftaran atau pengiriman fisik dan file berkas diagendakan pada 12 April hingga 12 Mei 2023, pra UKW di 9 Agustus dan hari pelaksanaannya 11 hingga 12 Agustus 2023 mendatang,” ungkap pria yang karib disap Ikas itu.

Kemudian ia juga menyampaikan, segala persyaratan yang dibutuhkan oleh calon peserta harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.

“Sebagaimana yang tertuang dalam ketentuan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/X/2018, tentang Standar Kompetensi Wartawan,” ujarnya.

Mirkas mengingatkan, kompetensi wartawan tidak hanya memberikan manfaat kepada internal pers namun juga seluruh masyarakat. Hal itu terkait beberapa tujuan UKW, yakni meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

UKW sangat menguntungkan untuk semua pihak, karena saat publik mengharapkan seluruh profesi mempunyai kompetensi yang tinggi. Maka hari ini wartawan punya andil besar untuk membangun jurnalisme yang profesional,” terangnya.(PR/Fjr) | Foto: Dok. PWI Sultra

Leave A Reply

Your email address will not be published.