Trenz Indonesia
News & Entertainment

Rapim Kemhan Dilaksanakan Untuk Menunjukkan Kesiapan Kemhan & TNI Dalam Menjalankan Tugas di Tahun 2021

236

Jakarta, Trenz News| Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Senin (11/1), secara resmi membuka dan memimpin Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) Tahun 2021 di Kemhan, Jakarta. Rapim Kemhan Tahun 2021 berlangsung selama dua hari, pada tanggal 11 dan 13 Januari 2021, yang dilaksanakan secara sederhana dengan metode tatap muka dan virtual, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat dan berpedoman pada kebijakan pemerintah tentang pembatasan kegiatan masyarakat atau pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Rapim Kemhan Tahun 2021 ini menurut Menhan RI menunjukkan kesiapan Kemhan dan TNI dalam menjalankan tugas di tahun 2021, dan memiliki makna penting untuk menyampaikan kebijakan pertahanan negara yang akan menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Pertahanan Negara Tahun 2021. Dalam Rapim Kemhan Tahun 2021 ini, disampaikan capaian dan kerja yang telah dilaksanakan oleh Kemhan sebagai refleksi satu tahun kinerja di bidang penyelenggaraan kebijakan pertahanan negara pada kabinet Indonesia Maju.

Dalam amanatnya, Menhan RI juga memberikan beberapa penekanan dan atensi, antara lain; untuk meningkatkan kerjasama, kolaborasi, koordinasi dan sinergi guna memastikan terlaksananya program kerja tahun 2021 secara baik dan efektif, melaksanakan evaluasi dan perbaikan di seluruh jajaran satuan kerja Kemhan, dan untuk tetap mempertahankan predikat opini WTP bagi Kemhan dari BPK RI.

Rapim Kemhan Tahun 2021 yang memfokuskan pada tema “Kemandirian Pertahanan dan Keamanan yang Kuat Mewujudkan Indonesia Tangguh” ini menurut Menhan RI, dilatarbelakangi oleh pemahaman mengenai Sistem pertahanan Indonesia dalam Undang-Undang adalah sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, mengandalkan semua kekuatan komponen sumber daya yang dimiliki untuk mempertahankan kedaulatan negara.

Hadir mendampingi Menhan RI dalam Rapim Kemhan tahun 2021 kali ini, Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto M.D.S, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana S.I.P.,M.M., Irjen TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han), Ketua Tim Pelaksana KKIP Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo, dan diikuti oleh pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan dan TNI.

Rapim Kemhan Tahun 2021 hari pertama tersebut juga memiliki beberapa agenda utama lainnya yaitu; Paparan Refleksi/Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Seluruh Satuan Kerja Kemhan Tahun Anggaran 2020 oleh Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana S.I.P.,M.M., serta Paparan Pelaksanaan Pembangunan Pertahanan pada aspek Sumber Daya Manusia dan Teknologi oleh Rektor Universitas Pertahanan Laksdya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR. Selanjutnya, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., memberikan paparan mengenai proyeksi dan kebijakan pertahanan negara Tahun 2021. (PR / Biro Humas Setjen Kemhan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.