Trenz Indonesia
News & Entertainment

Yayasan Generasi Lintas Budaya Rayakan Hari Bela Negara ke-73 Dengan Mananam 42,5 Ribu Pohon

Dimeriahkan Live Streaming Artis dan Pembacan Puisi Tokoh Bangsa

338

Jakarta, Trenz News | Banyak cara membela negara. Menanam pohon dan menjaga lingkungan agar tetap sejuk, rindang, sekaligus menghindari tanah longsor dan bencana, termasuk bela negara. Juga mengenalkan nilai nilai bela negara pada anak anak dan keluarga di rumah.

Tapi semangat bela negara bukan hanya dalam kata kata namun juga karya nyata.

Dalam rangka hari Bela Negara ke 73, 19 November 2021, Yayasan Generasi Lintas Budaya menggelar beragam kegiatan. Salah satunya merawat Linkungan sebagai salah satu wujud implementasi Bela Negara dengan menanam 42.500 ribu bibit pohon bersama seluruh komponen masyarakat.

Menanam pohon dalam rangka memperingati sejarah Pemerintahan Darurat  Republik Indonesia ( 1948-1949 ) adalah dalam rangka memaknai pentingnya merawat lingkungan hidup rahmatan lil alamin

Yayasan Generasi Lintas Budaya menggandeng Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemenristek RI,  BPDASHL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan RI serta Persatuan Artis Film Indonesia 56 (Parfi 56). Kominfo memfasilitasi riset dan live streaming, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyediakan 42.509 ribu bibit pohon diberbagai daerah dan para artis mendukung live streaming.

Live streaming secara nasional melalui youtube Perpustakaan Nasional RI – Youtube Kompastv – youtube generasilintasbudaya.com

Penyelenggaraan menanam pohon serta live streaming juga didukung oleh  BUMN Mining Industry Indonesia (MIND.Id).

Salah satu kegiatan yang diharapkan menjadi inspirasi masyarakat luas adalah pembuatan single berjudul ‘Pancasila’ yang dilantunkan selebritas diantaranya Yayuk Suseno, Tetty Liz Indriati, Shanna Shanon, dan Prilly Latuconsina.

Slamet Rahardjo

Pancasila ada di hati saya, makanya membela negara sudah menjadi kewajiban saya. Untuk itu ketika Olivia meminta saya untuk berperan serta dalam kegiatan Bela Negara, saya langsung setuju. Tanpa memikirkan apapun,” tegas Slamet Rahardjo, usai rekaman pembuatan video Bela Negara di Sanggar Teater Populer Teguh Karya di kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat.

Sementara menurut Yayuk Suseno, membela negara dimulai dari rumah, karena membela negara harus ditanamkan sejak dini.

Yayuk Suseno

“Ayah saya seorang tentara, maka jiwa patriot sudah ditanamkan dirumah sejak kecil. Pentingnya Bela Negara sudah ditanamkan ayah ketika saya masih kecil. Jadi jangan tanyakan soal sikap saya untuk Bela Negara,” kata Yayuk Suseno saat ditemui usai rekaman melantunkan tembang ‘Pancasila’ di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan.

Lain lagi cara artis senior Tetty Liz Indriati dalam memaknai Bela Negara. Sejak kecil kedua putrinya, Marcela Zalianty dan Olivia Zalianty sudah dicekoki nilai-nilai kebangsaan, cinta Tanah Air.

Tetty Liz Indriati

“Buat saya cinta tanah air itu penting, menanamkan rasa patriot Bela Negara harus ditanamkan sejak kecil kepada anak saya. Makanya Olivia paling bersemangat soal Bela Negara,” kata Tetty Liz Indriati.

Meski masih belia dan generasi Z tapi Shanna Shannon Siswanto, penyanyi yang juga youtuber memandang penting dan wajib bagi siapapun warga Negara Indonesia untuk Bela Negara.

Shanna Shannon Siswanto

“Sejak kecil orang tua sudah menanamkan rasa cinta Tanah Air, untuk itu membela negara sangat penting dan hukumnya wajib buat seluruh anak bangsa. Makanya saya senang hati ketika diminta terlibat di kegiatan dalam rangka Bela Negara,” kata Shanna Shanon.

Bambang Soestyo
Menko Polhukam RI Mahfud MD
Wakil Presiden RI ke 6 Try Sutrisno

Sementara untuk pembacaan puisi dilakukan oleh para tokoh, di antaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua DPD RI AA Lanyala M Mattalitti, Menko Polhukam RI Mahfud MD, Menko PMK RI Muhadjir Effendy, Kepala BPIP RI, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Yudian Wahyudi, Dion Agasi Setiabudi, Ketum ICRP Musda Mulia, BPIP Benny Soesatyo, Wakil Presiden RI ke 6 Try Sutrisno, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Ketum Matakin Budi S Tasudibyo, Bupati Agam Andri Warman, Ketua MK 2003 – 2008 Prof. Dr. Jimly Assiddiqie SH, aktor Slamet Rahardjo, aktris Marcella Zalianty, Olivia Zalianty, Inne Febrianti, Ray Sahetapy, dan Anna Tarigan.

Live Streaming dan dialog interaktif bertema My Soul is Indonesia  dalam rangka hari Bela Negara ke 73 juga berlangsung pada 19 Desember 2021  pk. 14:00 – 16:00 Wib dari Perpustakaan Nasional RI. Tayang Youtube Perpusnas RI. Youtube KompasTV dan Generasi Lintas Budaya.com. (Buyil)

Leave A Reply

Your email address will not be published.