News Otomotif

Chevrolet Camaro Z28, Diantara Kisah Perjalanan Sejarah Sang Legenda Dan Segudang Prestasi

TrenzIndonesia.com l – Chevrolet Camaro Z28, diantara kisah perjalanan sejarah ‘Sang Legenda’ dan segudang prestasi membawa kembali muscle car dengan julukan The Great American Star kepada masa keemasannya.

Chevrolet Camaro digadang-gadang akan kembali tampil sebagai maskot dan The Star of Show dalam acara Indonesia Classic Show (ICE) 2024 yang akan digelar pada 24-25 Agustus 2024 mendatang di Rumah Sarwono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Indonesia Classic Show (ICE) 2024 adalah ajang pameran mobil klasik yang digelar secara apik dan akan menampilkan sederatan mobil-mobil dan motor klasik yang pernah ada hingga saat ini.

Chevrolet Camaro Z28, Diantara Kisah Perjalanan Sejarah Sang Legenda Dan Segudang Prestasi
Chevrolet Camaro Z28 buatan tahun produksi 1972 asal pabrikan Chevrolet-General Motors//Foto: dok. SW//wbz-trenzindonesia.com

Kategori klasik yang ditampilkan tak hanya sekedar klasik saja atau bisa dikatakan sebagai mobil atau motor yang sudah berusia lawas ataupun sangat lawas tetapi kendaraan klasik yang akan ditampilkan adalah semua yang memiliki nilai histori dan latar belakang khusus sesuai dengan peruntukannya.

Penentuan kelayakan sebuah mobil atau motor klasik dalam ajang ICE 2024 inipun harus melewati seleksi dari seorang kurator berpengalaman.

Tidak hanya ke-otentikan dari seluruh part dari setiap bagian unit kendaraan tetapi juga nilai histori dari sebuah mobil ataupun motor klasik yang menjadi bahan pertimbangan dan penilaian.

Histori sebuah kendaraan klasik mampu bercerita bagaimana unit kendaraan ini digunakan sesuai fungsi harfiahnya sebagai alat transportasi di masanya.

Keaslian bagian demi bagian mobil menjadikan mobil klasik tak bisa memiliki harga yang baku di pasaran. Sulitnya mencari suku cadang menjadikan kendaraan klasik unik sehingga takkan ada yang mampu menaksir standar harga jual unit kendaraan ini.

Chevrolet Camaro Z28, Diantara Kisah Perjalanan Sejarah Sang Legenda Dan Segudang Prestasi
Chevrolet Camaro Z28 ini telah beberapa kali memperoleh gelar Star of The Show dalam ajang Otoblitz International Classic Car Show (OICC) dan IMX – NMAA 2022//Foto: dok. SW//wbz-trenzindonesia.com

Lebih tepatnya, mobil/motor klasik hanya memiliki harga kolektor tanpa batas atas ataupun batas bawah penawaran.

Dalam pembahasan kali ini, tim redaksi akan membawa penggemar mobil klasik untuk sedikit menelusuri mobil klasik yang satu ini, Chevrolet Camaro Z28 buatan negeri paman Sam, Amerika Serikat.

DI negara asalnya, Amerika Serikat, Chevrolet Camaro Z28 masuk dalam kategori muscle car. Tenaga nya yang besar dan performanya yang maksimal sangat pantas untuk menduduki tahta tertinggi dikategori muscle car.

Keaslian Chevrolet Camaro Z28 berwarna merah ini sudah terbukti sesuai akta dan data yang dibawanya saat ditemukan pada tahun 2007 disalah satu daerah di Indonesia.

Melalui proses pengecekan data pada VIN (Vehicle Indentification Numbers), terdeteksi bahwa unit ini asli yang terlahir dari pabrikan General Motors di Amerika Serikat.

Penemuan mobil Camaro Z28 pada tahun 2007 menjadikannya seperti penemuan harta karun yang terpendam yang lebih mengejutkan penemuan ini berada di Indonesia.

Chevrolet Camaro Z28, Diantara Kisah Perjalanan Sejarah Sang Legenda Dan Segudang Prestasi
Penemuan Chevrolet Camaro Z28 sebelum dievakuasi untuk dilakukan restorasi ulang//Foto: dok. SW//wbz-trenzindonesia.com

Chevrolet Camaro Z28 yang ditemukan ini adalah produk asli buatan tahun 1972 sesuai penelusuran VIN dan terdaftar secara resmi di database Chevrolet.

Selain Chevrolet Camaro Z28, General Motors juga memproduksi 2 tipe lainnya yakni tipe LT dan SS. Dan Camro Z28 merupakan produk limited production dengan highest spec dari tipe Camaro diantara 2 saudaranya yang lain yakni Chevrolet Camaro LT dan Chevrolet SS.

Informasi lainnya diperkuat dari data pada surat kendaraan yang menunjukkan tahun pembuatan, 1972, hal ini cukup membuktikan bahwa unit ini dibawa langsung dari Amerika Serikat melalui jalur resmi ke-otentikan data ini membawanya kepada pengakuan sebagai salah satu The Indonesian Heritage.

Menjadikan Chevrolet Camaro Z28 layak menyandang gelar “The One and The Only Chevrolet Camaro Z28 Authentic From Indonesia”. Tak hanya gagah, Chevrolet Camaro Z28 memang muscle car (mobil berotot—red) yang istimewa.

Chevrolet Camaro Z28, Diantara Kisah Perjalanan Sejarah Sang Legenda Dan Segudang Prestasi
Chevrolet Camaro Z28 akan kembali tampil dan menjadi mascot dalam ajang Indonesia Classic Expo 2024//Foto: dok. SW//wbz-trenzindonesia.com

Dikutip dari laman Wikipedia, Chevrolet Camaro Z28 termasuk dalam generasi kedua. Diperkenalkan pada Februari 1970, Chevrolet Camaro generasi kedua ini diproduksi melalui model tahun 1981, dengan perubahan tampilan yang dibuat pada model tahun 1974 dan 1978.

Mobil ini banyak menerima ubahan menjadi agak lebih besar dan lebih lebar dengan gaya yang baru.

Desain Camaro masih menggunakan platform F-body, sehingga memiliki kemiripan dengan pendahulunya dengan struktur unibody, subframe depan, suspensi depan A-arm, dan pegas daun sebagai pengontrol gardan belakang yang kokoh.

Chevrolet Camaro Z28 keluaran tahun 1972 dibenamkan mesin dengan kapasitas besar jenis Chevy 350 V8, dengan kapasitas block 350 cubic-inch (5,7 Liter), bore x stroke : 4.005x 3.800, menghasilkan tenaga 255 Hp dan 280 lb-ft (259 PS, 380 nM).

Pada sisi transmisi, Camro Z28 menggunakan jenis TH350 dengan torsi yang besar dengan rasio kompresi 8:5:1.

Dalam kisah perjalanan prestasinya, Chevrolet Camaro Z28 (1972), memiliki debut yang menakjubkan.

Sang legenda authentic muscle car from Indonesia ini mulai menampakkan kemunculannya pertama kali pada tahun 2009.

Dimana General Motors Indonesia menyandingkan Sang Legenda dengan New Camaro Bumble Bee yang menjadi generasi penerus berikutnya dalam acara peluncurannya di salah satu mall ternama dikawasan Jakarta Selatan. Saat itu Camaro Z28 juga turut disandingkan bersama New Chevrolet Camaro 2009/2010.

Semenjak kemunculannya itu, dimulai dari tahun 2009, 2010, hingga 2011 Chevrolet Camaro Z28 (1972) selalu hadir di setiap ajang pameran otomotif bergengsi Otoblitz International Classic Car Show (OICC) dan selalu menjadi ‘Star of The Show’.

Selanjutnya, dalam ajang (Indonesia Modification Expo – National Modificatiion Automotive and Aftermarket Association atau yang lebih dikenal dengan IMX – NMAA Chevrolet Camaro Z28 (1972) ini kembali hadir.

Ajang yang digelar pada akhir tahun 2022 ini juga menobatkan Chevrolet Camaro Z28 (1972) sebagai ‘Star of The Show’ dan berhasil membootong Golden Ticket IMX – NMAA.

Demikian sekilas pintas tentang perjalanan Chevrolet Camaro Z28 (1972) di dunia otomotif klasik tanah air.

Tepat kiranya jika Chevrolet Camaro Z28 (1972) ini menyandang gelar terhormat “The One and The Only Chevrolet Camaro Z28 Authentic From Indonesia”.

Chevrolet Camaro Z28, Diantara Kisah Perjalanan Sejarah Sang Legenda Dan Segudang Prestasi
Chevrolet Camaro Z28 siap menyambut kehadiran anda di ajang Indonesia Classic Expo 2024//Foto: dok. SW//ebz-trenzindonesia.com

Gamal Putra selaku Project Manager Indonesia Classic Expo (ICE) 2024 mengaku merasa sangat terhormat jika muscle car legendaris Chevrolet Camaro Z28 (1972) bisa tampil secara istimewa di event yang akan digelar pada 24 – 25 Agustus 2024 di Rumah Sarwono Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Tepat rasanya jika kehadiran Chevrolet Camaro Z28 (1972) dijadikan “Mascot of Event Indonesia Classic Car (ICE) 2024” yang sebentar lagi akan digelar,” tukas Gamal kepada tim redaksi.

***[sny]

Avatar

Sonny Wibisono

About Author

Fotographer I Event and Partnership Conceptor I Content Writer I Community Journalist. E-mail: sonnywibzpoenya@gmail.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya