Trenz Indonesia
News & Entertainment

Ditengah Pandemi Covid-19, HMPC Jakarta Lakukan Cara Unik Mengisi Bulan Suci Ramadhan 1441H

71

Jakarta, Trenz Edutainment I Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang cukup serius dan sudah meluas ke berbagai lapisan masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek, tidak terkecuali member Honda Mega Pro Club (HMPC) Jakarta.

Himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk melakukan social distancing dan physical distancing tidak luput dari perhatian pengurus dan member HMPC Jakarta secara keseluruhan dengan meniadakan segala macam kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan yang melibatkan banyak orang.

Dalam upaya mendukung himbauan pemerintah tersebut, HMPC Jakarta berinisiatif untuk tidak menghentikan beberapa jadwal rutin seperti touring dan kopi darat yang biasa dilakukan di area parkir taman makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Rusli Ilfan, selaku Ketua HMPC Jakarta, mengatakan, Kepedulian HMPC Jakarta untuk memutus penyebaran covid-19 tidak hanya sampai disitu saja, tetapi juga melakukan gerakan kepedulian terhadap sesama yang dimulai dari lingkup internal member HMPC Jakarta dengan cara saling memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada sesama member HMPC Jakarta.

Secara spesifik, bantuan ini diberikan kepada member yang turut mencari nafkah di Jakarta dan terdampak oleh pandemi Covid-19 seperti member yang terkena PHK, member yang berpenghasilan harian, serta keluarga dari member HMPC Jakarta yang sudah meninggal.

“Sebelum kami memberikan bantuan kepada orang lain tentunya kami harus melihat lebih dulu keluarga besar HMPC Jakarta yang terdampak pandemi Covid-19 ini. Dan  Alhamdulillah, kepedulian antar member masih kami rasakan hingga saat ini, selain itu juga pengiriman barang di masa PSBB yang dilakukan member HMPC Jakarta di dalam kota kami utamakan menggunkan jasa member HMPC Jakarta yang bekerja sebagai ojek online,” pungkas Rusli.

Proses pendistribusian bantuan dilakukan dalam tiga etape, pada tahap etape pertama dan kedua, HMPC Jakarta memberikan bantuan berupa sembako dengan tujuan agar dapat memberikan tambahan bantuan selain bantuan sosial lainnya yang diterima dari pemerintah daerah.

Kemudian pada etape ketiga, HMPC Jakarta memberikan bantuan sosial kepada 30 anak yatim piatu dan perwakilan warga di sekitar lokasi kopdar (Kalibata-Jakarta Selatan) yang pelaksanaannya dilakukan di penghujung Bulan Suci Ramadhan 1441 H.

Yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan kali ini, HMPC Jakarta juga menambahkan kuota bingkisan lebaran yang kemudian diberikan kepada member dan keluarga member yang telah meninggal dunia.

“Di etape ketiga ini, kami bekerjasama dengan Relawan Jariyah dan beberapa bantuan ada yang dikumpulkan dari hasil pengumpulan donasi member HMPC chapter lainnya. Baksos Ramadhan 1441H ini diberikan kepada warga sekitar lokasi kopdar di Kalibata, Jakarta Selatan. Disamping itu, kami juga tetap memberikan santunan kepada keluarga member yang telah meninggal dunia yang memang sudah rutin dilakukan setiap tahunnya,” tukas Rusli menjelaskan.

Rusli melanjutkan, “Kami tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mentaati aturan pemerintah untuk menggunakan masker dan menjaga jarak. Perwakilan warga dan perwakilan HMPC Jakarta bertemu secara singkat dan dibatasi jumlahnya. Semua kegiatan pemberian donasi dan doa bersama dilakukan saat menjelang berbuka puasa dan tidak melibatkan banyak orang sehingga dapat memenuhi standar protocol kesehatan yang dianjurkan”, tambah Rusli Ifan usai pemberian donasi di Kalibata, Rabu (20/5) lalu.

Sebagai penutup, Rusli Ifan menyampaikan, Kedepannya HMPC Jakarta akan terus menyalurkan bantuan terutama kepada member HMPC Jakarta, terlebih pada situasi Jakarta yang saat ini telah memperpanjang masa pemberlakuan PSBB hingga awal Juni 2020 mendatang.

“Harapannya, seluruh masyarakat Indonesia dapat melewati masa pandemi covid-19 ini dengan sikap peduli dan tetap mentaati aturan yang ada,” pungkas Rusli sambil menutup perbincangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.