Trenz Indonesia
News & Entertainment

Demi Kenyamanan Kadiv Pemasyarakatan Kalsel Sri Yuwono Gelar Sidak Sapras Pengaman

98

Karang Intan, TRENZINDONESIA,– Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Sri Yuwono mengadakan inspeksi mendadak (sidak) kesiapan sarana prasarana pengamanan kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kamis (14/10/ 2021).

Dengan didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Karang Intan Rustam Efendi, Sri Yuwono meninjau kamar blok hunian warga binaan, guna melakukan pemeriksaan sarana prasarana pengamanan kebakaran, seperti APAR dan fire block yang tersedia di tempat-tempat strategis. Dan jika sewaktu-waktu terjadi musibah, dapat langsung dipakai juga untuk memastikan warga binaan tidak melakukan pencurian listrik.

“Hasil tinjauan langsung yang tadi dilakukan, instalasi listrik Lapas Narkotika Karang Intan dalam keadaan baik, juga telah tersedia sarpras pengamanan kebakakaran, seperti APAR dan fire block,” kata Sri.

Musibah kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu, memberikan kewaspadaan kepada seluruh unit kerja pemasyarakatan untuk dapat mengantisipasi setiap potensi akibat gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) karena arus pendek listrik.

Terpisah menurut Kalapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo mengatakan sejumlah langkah telah diambil pihaknya sebagai upaya pencegahan gangguan kamtib akibat arus pendek listrik.

“Potensi ganguan kamtib akibat arus pendek listrik telah kita waspadai, dengan giat pengarahan seluruh warga binaan untuk tidak melakukan pencurian listrik, pemeriksaan jalur listrik dengan pihak swasta, melengkapi APAR hingga melakukan pelatihan penanganan kebakaran bersama UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu,” tekan Wahyu.

Sebelumnya, sejumlah upaya telah diambil sebagai tindak lanjut dari instruksi pimpinan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtib termasuk arus pendek listrik, diantaranya melakukan pengarahan bagi warga binaan akan bahaya penyalahgunaan listrik, penyisiran jalur listrik hingga ke kamar blok hunian, untuk memastikan tidak terjadi pencurian dan penyalahgunaan aliran listrik dan ancaman sanksi tegas diberikan bagi warga binaan yang melakukan penyalahgunaan aliran listrik.

Lapas Narkotika Karang Intan juga telah bekerjasama dengan pihak instalatir listrik swasta untuk melakukan pembenahan instalasi listrik lapas dan bekerjasama dengan UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar, untuk melatih petugas pengamanan dalam upaya mengantisipasi terjadi musibah kebakaran.

Foto : Kadiv Pas Sri Yuwono
Kontributor : Arbiansyah

Leave A Reply

Your email address will not be published.