Trenz Indonesia
News & Entertainment

Kebumen Sukses Gelar OVOS 2023

Bupati Kebumen Minta One Village One Story Digelar Dengan Peserta Lebih Banyak

243

KEBUMEN, Trenzindonesia | Sukses dengan perhelatan Lomba One Village One Story (OVOS) Tingkat Kabupaten Kebumen Tahun 2023, Yayasan Duta Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia menggelar acara puncak bertajuk Penganugerahan One Village One Story yang di selenggarakan di Pendopo Kabupaten Kebumen, Rabu (10/5/2023)

Lomba OVOS 2023 diikuti, 73 Peserta dari 449 Desa Di Kabupaten Kebumen, berjalan sukses. Untuk itu Bupati Kebumen, H,Arif Sugiyanto, SH minta kepada penyelenggara untuk menggelar kembali tahun depan

“Pemda Kabupaten Kebumen sangat mengapresiasi dan mendukung gelaran One Village One Story, Satu Desa Satu Cerita yang berjalan sukses, maka tahun depan OVOS mesti digelar lagi dengan peserta yang jauh lebih banyak lagi,” ujar Bupati Kabupaten Kebumen  H.Arif Sugiyanto SH dalam kata sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST, M.M.

Bupati Kebumen berharap dengan kegiatan One Village One Story, bisa digali potensi yang dimiliki desa di Kabupaten Kebumen.

“Kami berharap dari ajang One Village One Story potensi yang dimiliki desa yang ada di Kabupaten Kebumen bisa muncul ke permukaan dan bersaing dengan desa desa yang ada di Indonesia,” harap Bupati Kebumen.

Sementara  untuk kemudian dimunculkan ke permukaan agar dikenal masyarakat luas dan bersaing dengan desa desa lain di seluruh Indonesia.

“Dengan ajang One Village One Story masyarakat desa bisa memunculkan potensi daerahnya untuk dikenalkan ke masyarakat luas, dengan begitu ekonomi masyarakat desa bisa menggeliat dan kesejahteraan masyarakat desa  meningkat, ” ujar Tiwi Wartawani

Sementara Wahidun Kusniyanto, Kades Jatimulya Kec Alian Kabupaten Kebumen sebagai pemenang pertama kategori Teknologi mengatakan, untuk teknologi alat takar dan kemas gula pasir manual membutuhkan waktu 3 tahun.

“Kami yakin menang, karena apa yang kami temukan sesuatu yang baru dan dibutuhkan masyarakat dan ini butuh kerja keras dan panjang. Kemenangan ini kami persembahkan untuk warga desa Jatimulyo khususnya dan masyarakat Kebumen,” ujar Wahidun kepada awak media usai menerima penghargaan.

Sugata Syamsi selaku ketua dewan juri Lomba OVOS 2023 mengaku, banyak potensi desa di Kabupaten Kebumen yang menarik dan berpotensi untuk bisa bersaing dengan desa lain di Indonesia.

“Banyak potensi desa di Kabupaten Kebumen yang menarik untuk diangkat agar bisa bersaing dengan desa lain di seluruh Indonesia,” ujar Sugata A Syamsi

Dengan penilaian yang mencakup 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan diantaranya, Tradisi Lisan, Manuskrip, Adat Istiadat, Ritus, Pengetahuan Tradisional, Teknologi Tradisional, Seni, Bahasa, Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional. Maka Dewan juri yang terdiri dari :

Sugata A. Syamsi

Herlina Jannarita S.pd

Arie Setyarini S.pd MM

Rima Setiani MSC

Prof Dr. H. I. Djatnika

Memutuskan para pemenang sbb:

A.Kategori Kebudayaan

Dengan predikat The Most Outstanding Cultural Story of OVOS Event 2023:

1.Desa Jogopaten, Kecamatan Buluspesantren: Deden Abdul Kohar Yusuf Gautama.

Total Score: 80,6/100

2.Desa Ayah, Kecamatan Ayah: Tim yang terdiri dari Radimun, Imam Saputro, dan Dedi Agung.

Total Score: 77,7/100

 

B.KategoriPariwisata

Dengan predikat The Most Excellent Tourism Story of OVOS Event 2023:

1.Desa Temanggal, Kecamatan Adimulyo: Agus Syarifudin.

Total Skor: 80,4/100.

2.Desa Rahayu, Kecamatan Padureso: Muhanif

Total Score: 79,9/100

 

C.Kategori Teknologi

Dengan predikat The Most Innovative Tech Solution Story of OVOS 2023

1.Desa Jatiimulya, Kecematan Alian: Wahidun Kusniyanto

Total Score: 76,8/100

2.Kelurahan Kebumen, Kebumen: Hari Satria Wibowo

Total Score: 67,3/100

 

D.Kategori UMKM

Dengan predikat The Most Unique and Creative UMKM Story of OVOS 2023

1.Desa Karangtengah, Kecamatan Poncowarno: Ken Arung Aini Prayoga

Total Score: 79,6/100

2.Desa Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar: Sudiyono

Total Score: 78,3/100

 

Acara Penganugerahan One Village One Story 2023 juga dihadiri pejabat pemangku kepentingan seperti : Wiwit Kepala Unit Borobudur, Mendut, Pawon pada Museum dan Cagar Budaya mewakili bapak Direktur PTLK Kemendikbud Restu Gunawan dan Riwud Mujirahayu, Sekretaris deputi bidang ekonomi digital dan produk kreatif dari Kemenkraf.

Hadir pula Rini Nuraini, S.H.,M.Si ( Analis Kebijakan Ahli  Madya di Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan, Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan). Drs.Joko. Priyanto. (Analis Kebijakan Ahli Muda di Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan), Kadinas PMD Ka dinas Perindak KUKM, Dinas Disdikpora Asisten 1.Setda Kebumen. Ka Disparbud serta Kabag UMUM SETDA KEBUMEN

(Buyil/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.