Trenz Indonesia
News & Entertainment

Kominfo Dukung Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik Peparnas Papua

Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi

137

Papua, Trenz News | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan kembali membuka media center untuk mendukung Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua pada 2 hingga15 November 2021.

Hal yang sama telah dilakukan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 pada 2 hingga 15 Oktober lalu.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Peparnas 2021 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, 5 November 2021.

Peparnas Papua bertema “Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi”. Torang Bisa!

Media Center Kominfo Peparnas Papua, demikian nama resmi pusat informasi yang didirikan untuk Peparnas Papua, berlokasi di Ballroom Swissbell Hotel, Kota Jayapura, dibuka mulai Senin (1 November 2021).

Kehadiran Media Center Kominfo Peparnas Papua adalah penugasan Menteri Kominfo (Menkominfo) Johnny G Plate saat meninjau pelaksanaan PON Papua pada 23 September 2021.

Saat itu di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Menteri Johnny menegaskan bahwa Kominfo akan mendukung pelaksanaan Peparnas Papua di bidang informasi dan komunikasi publik.

Media Center Kominfo ini akan berlanjut ketika pelaksanaan Peparnas 2021 nanti,” ujarnya.

Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong bahwa kehadiran Media Center Kominfo Peparnas Papua merupakan bentuk dukungan penuh pemerintah pusat

Dukungan ini bagi penyelenggaraan event olahraga multicabang nasional bagi penyandang disabilitas terbesar setelah PON Papua.

Media Center Kominfo Peparnas Papua menyajikan narasi-narasi dan informasi positif yang diperlukan para peliput dan media mengenai pelaksanaan Peparnas XVI ini. Juga dapat menjadi jembatan bagi media dan publik untuk mendapatkan informasi-informasi terkini dari ajang Peparnas di Papua,” kata Usman.

Usman Kansong menyampaikan bahwa lewat situs mikro (microsite) infopublik.id/peparnaspapua, maka media yang tidak mengirimkan jurnalisnya untuk meliput Peparnas pun juga dapat mengetahui beragam informasi terkini dari arena pertandingan.

Tak hanya itu, situs yang dikelola Direktorat Jenderal IKP Kementerian Kominfo itu juga akan menayangkan kisah-kisah humanis dari perjuangan atlet-atlet penyandang disabilitas hingga merebut predikat terbaik pada cabang yang mereka ikuti.

Peparnas bukan hanya ajang para atlet mengejar prestasi. Ajang ini juga sebagai wadah kepedulian publik kepada para atlet penyandang disabilitas,” imbuh Usman.

Manajer Humas Media Center Kominfo Peparnas Papua Taofiq Rouf mengatakan, keberadaan pusat informasi tersebut sebagai upaya terciptanya percakapan publik bahwa Peparnas adalah jembatan menuju masa depan Papua terutama menarasikan bahwa Bumi Cenderawasih aman.

“Semua bisa berjalan karena adanya pemuda-pemudi tangguh yang dapat mewujudkan Peparnas sukses dari sisi penyelenggaraan, prestasi, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat,” ungkap Taofiq.

Media Center Kominfo Peparnas Papua dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi dengan dukungan kekuatan jaringan sebesar 300 Mbps dan cadangan 100 Mbps.

Tersedia juga ruang kerja yang dapat menampung hingga 100 peliput dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kemudian disediakan 10 unit komputer dan printer, di samping adanya ruang relaksasi serta ruang medis dengan perlengkapan obat-obatan memadai.

Media Center Kominfo Peparnas Papua ini mulai dapat digunakan oleh para peliput Peparnas Papua pada 2 November 2021,” katanya.

Peparnas XVI di Papua diikuti 1.935 atlet dari 34 provinsi, dan akan bertanding pada 12 cabang olahraga di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura .* (IrmaBoyke)

Leave A Reply

Your email address will not be published.