Trenz Indonesia
News & Entertainment

Lapas Karang Intan Ikuti Rangkaian Acara Peringatan HDKD 2021

226

Karang Intan, TRENZINDONESiA,– Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih kurang 20 bulan, pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial Masyarakat Indonesia.

Kondisi tersebut memaksa pemerintah mengambil kebijakan, diantaranya pemberlakuan pembatasan sosial sebagai langkah untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19. Dengan demikian diharapkan mampu menaikkan kegiatan ekonomi yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan ekonomi.

Sebagai dukungan penuh kepada pemerintah di sektor ekonomi nasional, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) melakukan digitalisasi penyelenggaraan pelayanan publik di hampir seluruh layanan mulai dari layanan administrasi hukum umum, layanan keimigrasian, layanan kekayaan intelektual, dan layanan hukum lainnya dengan tujuan mengoptimalkan pelayanan dalam kondisi saat ini.

Digitalisasi layanan KemenkumHAM tersebut salah satunya diwujudkan bagi masyarakat melalui Kegiatan Legal Expo dalam Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2021 dengan bertemakan “Kemenkumham Semakin PASTI Bangga Melayani Bangsa Mewujudkan Pelayanan Kelas Dunia” yang gelar tanggal 25-26 Oktober 2021.

Adapun perayaan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) KemenkumHAM Kalimantan Selatan dalam bentuk Pameran Layanan Publik di Duta Mall Banjarmasin.

Dengan mengenalkan beragam program dan layanan yang dimiliki, juga memamerkan berbagai produk hasil karya warga binaan pada program pembinaan kemandirian dari satuan kerja Pemasyarakatan.

Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan pun ikut ambil bagian dengan memperkenalkan produk hasil karya warga binaan kepada masyarakat luas melalui pameran tersebut.

“Berbagai produk warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan, turut dipajang pada pameran tersebut, diantaranya berbagai miniatur transportasi, seperti kapal layar, mobil dan motor. Juga hasil pembinaan kemandirian pembuatan telor asin, kain sasirangan dan bermacam kerajinan tangan lainnya, menonjolkan kreasi dan inovasi warga binaa,” jelas Kalapas, Wahyu Susetyo, Selasa (26/10/2021).

Masih menurut Wahyu selain pameran layanan publik Legal Expo, rangkaian acara HDKD 2021, juga diisi dengan ziarah dan tabur bunga jajaran Kemenkumham, Kanwil Kalimantan Selatan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru.

“HDKD 2021 dengan berbagai kegiatan, selain pameran layanan publik Legal Expo yang berlangsung selama dua hari di Duta Mall. Hari ini, kita juga melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana, kegiatan ini sebagai bentuk refleksi diri bagi kita semua, mengingat kembali perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur mendahului Kita,” tutup Kalapas.

Kontributor : Arbiansyansah

Leave A Reply

Your email address will not be published.