Trenz Indonesia
News & Entertainment

PON XX Papua Sukses, Kondusif, Bukti Kuatnya Persatuan

168

Jakarta, Trenz Edutainment | Helatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua berakhir sudah. Pesta Olahraga terbesar di Indonesia ini berlangsung selama 13 hari dengan sukses dan kondusif dengan hasil yang memuaskan dimana Provinsi Jawa Barat tampil sebagai juara umum. Dengan suksesnya even ini artinya membuktikan kuatnya persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang majemuk.

Demikian disampaikan pengamat kebijakan publik, Saiful dalam podcast secara virtual yang digagas oleh ICF  Indonesia dengan tema ‘ PON XX Papua, Sukses Kondusif Tidak Terprovokasi Aksi KST’, Senin, 18 Oktober 2021.

Menurut Saiful, seluruh komponen bangsa dan rakyat Indonesia bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi tinggi nya atas sukses nya PON  XX di Papua.

Suksesnya PON XX Papua kata Saiful mengandung pesan dan kesan positif, yakni atas kebijakan yang bijaksana dari Presiden Jokowi yang membuktikan bahwa Papua bukan daerah tertinggal. Bayangkan saja, Stadion Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura sebagai venue PON merupakan stadion termegah di Asia pasifik yang mampu menampung sekitar 40.000 pengunjung. Dengan desain yang terbaik dan modern lintasan atletis nya juga bersertifikat kelas satu standart federasi atletik internasional IAAF.

Masih menurut Saiful yang akrab disapa Bejo, kesan positif lainnya adalah PON XX Papua, memiliki makna besar selain untuk meningkatkam prestasi olahraga juga berperan sebagai alat pemersatu bangsa dan menjadi panggung persatuan, pangggung kebersamaan.

“Kita semua tahu bahwa PON XX di Papua di laksanakan di tengah pandemi Covid-19. Yang mana agendanya ada 36 pertandingan dengan 56 disiplin dan di ikuti 6.422 atlet yang memperebutkan 681 medali emas. Dan alhamdulilah sukses,” tegasnya.

Dan yang tak kalah penting, PON XX Papua kondusif dan seluruh elemen masyarakat di semua lapisan tidak terprovokasi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab seperti KST .

“Kita semua berterimakasih kepada bapak Presiden atas kebijakan kebijakan dengan terselenggaranya PON XX di Papua dengan Sukses. Kepada Polri/TNI, Kementerian Olahraga, BIN, Satgas Covid, awak media baik TV, Online dan para jurnalis, Pemprov  Papua dan seluruh rakyat Papua atas suksesnya PON Papua ini. Semoga ke depan Akan terlaksana even even olahraga baik nasional dan Internasional di Papua,” tandasnya.

Ferry Junaedi, Pelatih PON XX Papua Cabang Olahraga Atletik Sumatera Selatan menambahkan bahwa terdapat nilai – nilai spirit sangat bagus, bahwa masyarakat Papua sangat antusias menyambut dan menjadi tuan rumah yang sukses dan kondusif.

“Saya merasakan sendiri sangat aman dan persatuan kesatuan terlihat, masyarakatnya ramah dan protokol kesehatan secara ketat dan alhamdulilah sukses,” tukasnya. [Fjr]

Leave A Reply

Your email address will not be published.