News

Presiden Jokowi Lakukan Inspeksi Pencegahan Stunting di Kota Bogor

Presiden Jokowi Lakukan Inspeksi Pencegahan Stunting di Kota Bogor

Bogor, Trenzindonesia | Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan inspeksi dalam kegiatan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di Posyandu Kusuma Wijaya, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (11/6/2024).

Kota Bogor menjadi daerah pertama yang dikunjungi oleh kepala negara dalam rangka pencegahan stunting ini.

Kota Bogor berhasil masuk ke dalam 10 besar daerah dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat yang mengalami penurunan persentase stunting. Angka stunting di Kota Bogor turun menjadi 18,2 persen dari sebelumnya 18,8 persen berdasarkan hasil survei kesehatan Indonesia tahun 2023. Namun, berdasarkan data pada bulan penimbangan bayi tahun 2023, angka stunting di Kota Bogor hanya 2,59 persen dari jumlah seluruh anak yang ditimbang.

“Artinya memang ada standar dua pengukuran yang terus kita kawal bersama-sama. Ya ini sudah disensus, kemudian ini survei,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, saat mendampingi Presiden Joko Widodo.

Dalam upaya menurunkan angka stunting dan mencegah stunting baru, Kota Bogor selain melakukan lima langkah pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting, juga memiliki dua langkah tambahan yang menjadi inovasi kota tersebut. Langkah-langkah tersebut antara lain intervensi yang dilakukan oleh perangkat daerah dengan pencegahan sensitif secara bergantian, seperti Dinas Sosial melakukan intervensi melalui kepesertaan BPJSdan Dinas PUPR melalui program sanitasi dan perbaikan permukiman lingkungan.

Selain itu, langkah ketujuh adalah DP3Adan Disdukcapilyang melakukan pemenuhan administrasi kependudukan guna pendataan yang akurat.

“Kita punya program inovasi yang sudah berjalan untuk pengentasan dan pencegahan stunting, seperti intervensi melalui pendekatan continuum of care bertajuk Taleus Bogor, program penyuluhan Ibu Anak Tangguh Kota Bogor (Batagor), dan Pemberian Bantuan Telur dari ASN (Pemkot Penting-Lur),” ungkap Hery.

Inovasi-inovasi tersebut adalah upaya Kota Bogor dalam rangka mencegah dan menurunkan angka stunting di wilayahnya. Program lainnya termasuk mini lokakarya, audit kasus stunting, konvergensi stunting, pemberian makanan tambahan, serta program Bapak Asuh Atasi Stunting (Basuh Anting) yang melibatkan partisipasi masyarakat luas, baik pihak swasta maupun warga.

Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin,dan Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari. Ketika mendampingi Jokowi, Hery melaporkan berbagai program inovasi Kota Bogor yang telah berkontribusi pada penurunan angka stunting. Jokowi memberikan apresiasi atas upaya tersebut.

“Tadi tiga kata yang diucapkan beliau, ‘bagus pak, bagus, bagus’. Jadi, kita juga lapor soal inovasi dan proses. Karena standarnya itu ada lima langkah, tapi Kota Bogor punya tujuh langkah, dua langkah tambahan itu inovasi Kota Bogor. Jadi diapresiasi oleh beliau, bagus katanya,” sebut Hery.

Melalui kunjungan ini, diharapkan Kota Bogor dapat menjadi contoh nasional dalam pelaksanaan pencegahan stunting, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan dan kualitas pangan demi kesehatan generasi mendatang. (Fjr) | Foto: istimewa

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya