Trenz Indonesia
News & Entertainment

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-78

Semangat Kebinekaan dan Harapan Indonesia Maju

138

JAKARTA, Trenzindonesia | Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/08/2023) pagi.

Dalam peristiwa penting ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat khas Sumatra Barat, sedangkan Presiden mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, Jawa Tengah, sementara Ibu Iriana Jokowi tampil anggun dalam busana adat Bali.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka Sang Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Duplikat bendera pusaka Sang Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi dibawa oleh Purna Paskibraka Duta Pancasila tahun 2022. Ghania Taufiqa Salma Wibowo siswi asal SMAN 8 Yogyakarta bertugas membawa duplikat bendera Sang Merah Putih, sedangkan Ayumi Putri Sasaki siswi asal SMAN 2 Taruna Bhayangkara, Banyuwangi membawa Naskah Teks Proklamasi. Keduanya menaiki kereta kencana Ki Jaga Rasa.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno.

Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa.

Sebelumnya, dalam keterangan pers sebelum upacara Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa Upacara Peringatan Detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini merupakan momen yang sangat spesial, karena bisa dihadiri secara langsung oleh semua peserta upacara. Di samping itu, para peserta yang hadir menggunakan baju adat juga menunjukkan semangat kebinekaan bangsa Indonesia.

“HUT yang kali ini memang sangat spesial ya, karena ini untuk pertama kali kita memperingati HUT Kemerdekaan RI setelah pandemi, dengan memakai berbagai macam seragam adat. Dan ini saya kira menunjukkan keberagaman kita sebagai bangsa,” ungkap Ma’ruf.

Ia juga berharap bangsa Indonesia dapat mewujudkan visi besarnya, yaitu Indonesia maju. Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengatakan bahwa Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan tahun 2024 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tentu harapan kita adalah Indonesia akan terus melaju menuju Indonesia maju. Karena memang sudah saatnya pada usia Indonesia yang ke-78, ini kita dapat wujudkan visi besar kita Indonesia. Dan juga sudah saatnya juga kita membuat sejarah yang harus kita menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ke depan, dan kita mulai hari ini dan di tempat ini, saya kira. Insyaallah tahun depan kita sudah bisa melaksanakan HUT ini di ibu kota yang baru, insyaallah,” ujarnya. (Setkab.go.id / Fajar Irawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.