Trenz Indonesia
News & Entertainment

Ratusan WBP Lapas Karang Intan Ikut Serbuan Vaksin Dosis 2

124

Karang Intan, TrenzIndonesia,– Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, mengikuti giat vaksinasi dosis ke2, bertempat di aula ruang kunjungan, Selasa (2/11/2021).

Giat vaksinasi ini terselenggara berkat kerjasama Lapas Narkotika Karang Intan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, dengan pelaksana, dari UPT Puskesmas Karang Intan 1.

Pada pelaksanaan, satu persatu WBP dipanggil untuk dilakukan pendataan dan pendaftaran terlebih dulu. Dan, kemudian WBP diasesmen riwayat kesehatan maupun riwayat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) usai vaksinasi dosis I.

Asesmen kesehatan sendiri termasuk pemeriksaan suhu tubuh, tensi tekanan darah dan pemeriksaan lainnya, setelah dinyatakan sehat, WBP kemudian menerima suntikan vaksin dosis II, setelah diobservasi untuk mengetahui apakah ada efek samping dari vaksin tersebut, hasilnya tidak ada WBP yang merasakan KIPI.

“Hari ini sebanyak 506 orang warga binaan mengikuti kegiatan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi ini sebagai bentuk keseriusan Lapas Narkotika Karang Intan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid19 di lapas. Dengan memberikan perlindungan imunitas bagi warga binaan,” ujar Kalapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo.

Tambah Wahyu, “Vaksinasi merupakan langkah konkret dan progresif dalam pencegahan penularan Covid19. Saya berharap meskipun warga binaan telah divaksin, namun agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari, guna mencegah penularan Covid19 yang saat ini masih belum berakhir,”.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang terlibat pada kegiatan hari ini, terkhususnya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, dalam hal UPT Puskesmas Karang Intan 1 selaku pelaksana di lapangan. Terlihat tadi warga binaan merasa senang dan antusias mengikuti Vaksinasi Covid19 dosis ke2, dan kegiatan juga berjalan lancar, aman dan sukses,” katanya.

Sementara menurut Mukni WBP peserta vaksinasi Covid19 dosis ke2, mengaku senang dapat mengikuti program vaksinasi ini dan berharap selalu sehat selama menjalani pembinaan.

“Senang bisa kembali berpartisipasi pada kegiatan vaksin dosis ke-2. Harapannya supaya semua warga binaan yang menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Karang Intan tetap sehat hingga bebas nanti,” tukasnya.

Giat Vaksinasi Covid 19 ini digelar selain dalam bentuk mensukseskan program pemerintah, juga sebagai kepedulian Lapas Narkotika Karang Intan bagi kesehatan warga binaan, sehingga diharapkan dapat mencegah munculnya kluster baru, khususnya di WBP.

Kontributor : Arbiansyah

Leave A Reply

Your email address will not be published.