Trenz Indonesia
News & Entertainment

Rutan Cipinang Beri Pelatihan Pangkas Rambut Kepada Warga Binaan

165

JAKARTA, Trenzindonesia | Meski berada di balik jeruji besi, kreativitas para warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta, tetap berkembang.

Rutan tersebut memberikan berbagai program pembinaan kemandirian kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), salah satunya adalah pelatihan pangkas rambut di barbershop Rutan Cipinang.

Rutan Cipinang Beri Pelatihan Pangkas Rambut Kepada Warga BinaanMenurut Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali, kegiatan pangkas rambut ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang diberikan selama WBP berada di Rutan. Kendati mereka memiliki keterbatasan ruang dan waktu, para WBP tetap berhak mendapatkan pembinaan kemandirian.

“Pelatihan kemandirian pangkas rambut ini sangat baik untuk dipertahankan agar bisa membantu warga binaan untuk mendapatkan pengalaman kerja dan bisa diterapkan di lingkungan masyarakat pada saat warga binaan sudah selesai menjalani hukuman,” ujar Sukarno Ali.

Salah satu tujuan Pemasyarakatan adalah membentuk Warga Binaan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindakan pidana. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah merumuskan program pembinaan kemandirian bagi narapidana. Program ini bertujuan agar narapidana dapat mandiri dan memenuhi kebutuhan hidup setelah keluar dari Lapas atau Rutan.

Melalui pelatihan pangkas rambut, WBP di Rutan Cipinang dapat mengembangkan keterampilan baru yang bermanfaat di masa depan. Dengan adanya kesempatan ini, mereka dapat memperoleh pengalaman kerja yang berharga dan mengaplikasikannya ketika kembali ke masyarakat setelah menjalani hukuman.

Program-program pembinaan kemandirian seperti ini memberikan harapan baru bagi para WBP. Masyarakat diharapkan dapat menerima mereka dengan baik ketika mereka kembali ke lingkungan sosial. Pembinaan kemandirian tidak hanya membantu para WBP untuk mengatasi masa hukuman mereka, tetapi juga memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki diri dan menjalani kehidupan yang lebih baik setelah bebas.

Rutan Cipinang berkomitmen untuk terus mengembangkan program-program pembinaan kemandirian yang bermanfaat bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan. Dengan demikian, diharapkan kreativitas dan potensi positif mereka dapat terus tumbuh meski berada di dalam penjara. (Ian Rasya / Fjr) | Foto: Dok. Rutan Kelas I Cipinang

Leave A Reply

Your email address will not be published.