Trenz Indonesia
News & Entertainment

Seskab Pramono Anung Hadiri Rapat Kerja dengan Komisi II DPR

198

JAKARTA, Trenzindonesia | Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menghadiri Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (30/05/2023) siang.

Dalam raker yang dipimpin oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung ini, Seskab menyampaikan apresiasi kepada Komisi II DPR RI yang telah turut mengawal penggunaan anggaran di Sekretariat Kabinet (Setkab).

Sekretariat Kabinet hampir 10 tahun berturut-turut selalu mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dan selalu mendapatkan peringkat yang cukup baik, karena kontribusi dan pengawasan yang selalu diberikan dengan baik oleh Bapak Ketua dan juga Anggota Komisi II DPR RI,” ujar Seskab.

Terkait realisasi anggaran tahun 2022, Seskab menjelaskan bahwa dari pagu sebesar Rp305,76 miliar telah terealisasi sebesar Rp295,64 miliar atau lebih tepatnya 96,69 persen.

“Belanja pegawai sebesar 98,72 persen, belanja barang 93,63 persen, dan kemudian belanja modal 93,45 persen, sehingga rata-rata untuk tahun anggaran 2022, 96,69 persen,” terangnya.

Sementara untuk tahun 2023, lanjut Setkab, pagu anggaran Setkab yang semula sebesar Rp352,29 miliar berubah menjadi Rp334,69 miliar setelah dilakukan automatic adjustment. Adapun realisasi hingga 22 Mei 2023 mencapai 152,63 miliar atau 45,60 persen.

“Program untuk dukungan manajemen telah mengeluarkan sekitar 50,83 persen dari anggaran yang ada. Untuk program penyelenggaraan layanan kepada presiden dan wakil presiden 15,13 persen,” jelasnya.

Sedangkan untuk pagu indikatif tahun 2024, Pramono menyampaikan bahwa Setkab mendapatkan pagu indikatif sebesar Rp348,77 miliar. Selain itu, Setkab juga mengajukan tambahan anggaran tahun 2024 sebesar Rp16,79 miliar yang diperuntukkan untuk Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan.

“Kami telah menyampaikan tambahan anggaran Sekretariat Kabinet untuk Utusan Khusus Presiden bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan, karena ini yang baru,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Seskab dalam raker ini, antara lain, Wakil Sekretaris Kabinet Fadlansyah Lubis, Deputi Administrasi Farid Utomo, Deputi Bidang Perekonomian Satya Bhakti Parikesit, Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet Thanon Aria Dewangga, Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Purnomo Sucipto, Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Yuli Harsono, dan Deputi Bidang Kemaritiman dan Investasi Dyah Pancaningrum. (TGH/UN/setkab.go.id)

Leave A Reply

Your email address will not be published.