Trenz Indonesia
News & Entertainment

Tim JKW-PWI Memasuki Provinsi ke 15 Kota Berjulukan Seribu Sungai

296

Banjarmasin, Trenz News I Setelah lebih dari seminggu mengaspal di Kalimantan, para bikers Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) tiba di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (21/12) malam, dengan kondisi motor penuh tanah dan para bikers masih lengkap menempel rain coat, lantaran sejak Palangkaraya riding dtemani hujan.

Agus Blues Asianto (Trenzindonesia.com), Indrawan Ibonk (Journeyofindonesia.com), Sonny Wibisono (Otomitif1.com) dan Yanni Krishnayanni (Askara.co) yang juga satu-satunya perempuan dalam eksepedisi bersejarah ini, tiba di Kota Seribu Sungai setelah menjelajahi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Agus menyebut Kalimantan Selatan sebagai provinsi ke-15 yang mereka kunjungi, sejak mereka dilepas oleh Ketua Umum PWI, Atal S Depari, dari Gedung Dewan Pers Jakarta, tepat di Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

Tim JKW-PWI sendiri direncanakan menjelajahi 15 pulau, 34 Provinsi, dan mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia, dengan perkiraan total perjalanan 17.000 kilometer. Perjalanan mereka dijadwalkan berakhir di Kota Kendari, tepat pada puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2022.

Kepada rekan-rekan wartawan yang mewawancarainya, Agus menjelaskan bahwa sebagian besar  kendala yang mereka hadapi sepanjang ribuan kilometer pertama ini adalah faktor cuaca. Setelah itu kondisi jalan dan beberapa masalah teknis.

Kendala cuaca yang paling berat dialami tim ketika mereka tertahan lebih dari seminggu di Kepulauan Riau, sebelum akhirnya berhasil menyeberang dan tiba di Sintete Kapet, Kalimantan Barat, pada 12 Desember 2021.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, menyambut baik kedatangan tim tim JKW-PWI di Bumi Lambung Mangkurat.

Zainal mengungkapkan kekaguman dan apresiasi atas perjuangan Agus, Ibonk, Sonny dan Yanni menjelajah Indonesia dengan sepeda motor.

Menurutnya, kehadiran empat bikers JKW-PWI ini merupakan momentum baik bagi Kalsel untuk memperkenalkan keunggulan pariwisata dan budayanya ke seluruh Indonesia.

“Hasil eksplorasi mereka nantinya akan dipublikasikan dan disebarluaskan kepada wartawan di seluruh Indonesia yang tergabung dalam PWI,” ujarnya.

Selama di Banjarmasin, tim akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata favorit di antaranya Pasar Terapung Lok Baintan, Masjid Sultan Suriansyah, dan Pulau Kembang.

Penjelajahan bersejarah empat jurnalis ini mengampanyekan gerakan cinta Tanah Air melalui komunikasi dengan setiap anggota masyarakat yang ditemui selama perjalanan.

Ketua PWI Kalteng Harris beserta jajarannya menyambut Tm JKW-PWI, Minggu (19/12) sore.

Dari sisi kepariwisataan, JKW-PWI bisa membantu pemerintah dalam membangun kembali dunia pariwisata nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Selain didukung Kawasaki Motor Indonesia dan Ban Kingland, Ekspedisi JKW-PWI mendapat dukungan juga dari Kemenpora. Artha Graha Peduli-Artha Graha Network, Contin Moto Jakarta, Djarum Foundation, dan Trooper Custom Helmet.

Leave A Reply

Your email address will not be published.