News

Wapres Sampaikan Empat Langkah Sistematis untuk Implementasi Manajemen Talenta

JAKARTA, Trenzindonesia | Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2023 dengan tema “Talent Management 2030: Smart, Agile, Empathy”, secara virtual di Jakarta, Selasa (30/05/2023).

Pada acara yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini, Wapresmenyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, empat langkah sistematis di bidang pemerintahan dalam mendorong manajamen talenta sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik menuju transformasi pembangunan Indonesia Emas 2045.

“Pertama, perkuat langkah kolaborasi dalam mewujudkan peta jalan kebijakan manajemen talenta nasional,” imbuh Wapres.

Wapresmenilai, langkah ini salah satunya dapat dilakukan dengan memetakan kendala yang dihadapi, khususnya dalam empat tahun terakhir ini, baik di tingkat nasional maupun daerah.

“Kedua, rumuskan langkah-langkah konkret yang bersifat terobosan,” tutur Wapres.

Terobosan ini, tambahnya, utamanya di aspek regulasi yang sekiranya belum selaras dengan penerapan manajemen talenta di semua tingkatan.

“Ketiga, para talenta birokrat yang telah dipetakan dan dibina secara khusus agar dibekali dengan visi dan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi, penyalahgunaan kewenangan, serta pola hidup sederhana,” papar Wapres.

Dengan demikian, diharapkan program manajemen talenta ini dapat menyaring individu-individu dengan integritas tinggi, memiliki kecerdasan emosional yang baik, disamping kecerdasan intelektual, tangguh, andal, dan berdaya saing.

“Keempat, saya minta agar kebijakan manajemen talenta nasional juga memperhatikan peran strategis Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai perekat dan pemersatu bangsa,” tegas Wapres.

Dalam jangka pendek, peran sebagai perekat bangsa ini dapat ditunjukkan salah satunya melalui netralitas dan profesionalisme ASN dalam menjalankan tugas-tugas birokrasi sesuai peran dan tanggung jawabnya menghadapi Pemilu serta Pilkada 2024.

Menutup sambutannya, Waprespun menyampaikan harapan kepada BKNagar secara optimal dapat mengimplementasikan manajemen talenta dan memberikan apresiasi kepada seluruh ASN atas pengabdiannya yang telah diberikan kepada negara.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-75 kepada jajaran BKN. Semoga BKNdapat menjadi garda terdepan sekaligus motor penggerak pengelolaan manajemen talenta ASN yang berbasis digital,” harap Wapres.

“Kepada seluruh ASN di seluruh pelosok negeri, saya sampaikan terima kasih atas kesungguhan, pelayanan, dan pengabdian yang telah diberikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, menyampaikan bahwa dalam implementasi reformasi birokrasi yang terus berkembang sesuai perubahan zaman, diperlukan adaptasi tidak hanya dari sumber daya manusia yang terlibat, tapi juga dari proses bisnis dan sistem yang dijalani. Untuk itu, melalui forum Rakornas ini, dan dalam memasuki usia BKN yang ke-75 tahun, Bima menyatakan kesiapan jajarannya untuk memenuhi tantangan zaman ini untuk menghadirkan reformasi birokrasi yang semakin baik di Indonesia.

“Kami memahami bahwa usia ini tentu membawa konsekuensi, harus lebih baik dalam dunia pelayanan, lebih bijak, lebih cepat, dan memahami apa yang diinginkan oleh ASN se-Indonesia. Mudah-mudahan an apa yang kita lakukan disini bisa bermanfaat,” ungkap Bima.

Hadir pada acara ini diantaranya, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, serta para Pejabat Tinggi dari Kementerian/Lembaga/Daerah se-Indonesia.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Aziz, serta Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas. (Ian Rasya)

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya