Trenz Indonesia
News & Entertainment

Expat. Roasters Raih Penghargaan Sebagai Roaster Kopi Terbaik di Indonesia

32

Roaster kelahiran Toraja menjuarai kompetisi yang diikuti lebih 30 roaster kopi terbaik se-Indonesia.

BALI, Trenz Tourism | Sermy Samma, Roaster kopi senior dari produsen kopi asal Bali, Expat. Roasters baru saja diberikan penghargaan sebagai pemenang pertama di perhelatan Indonesia Roasting Championship (IRC) 2019 yang diadakan pada tanggal 24 – 27 July 2019 yang lalu bersamaan dengan eksebisi Food and Hotel Indonesia (FHI) 2019 di Jakarta.

Baca Juga :

FHI 2019 Dihadiri Oleh 31 Ribu Pengunjung

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Asosiasi Kopi Spesial Indonesia / Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) yang mana kompetisi ini adalah wadah untuk para barista, roaster kopi, dan ahli kopi di Indonesia untuk bersinar di ajang paling bergengsi di industri kopi tanah air, yang juga dihadiri oleh ikon-ikon kopi ternama kelas Internasional.

Expat. Roasters sendiri merupakan produsen kopi spesial yang didorong oleh keinginan untuk memproduksi dan membuat secangkir kopi yang luar biasa dan otentik. Expat. Roasters bekerja erat dan dengan penuh hormat dengan petani dan produsen kopi asal Bali agar menghasilkan produk lokal terbaik untuk melengkapi koleksi biji kopi pilihan mereka dari seluruh dunia. Expat. Roasters berusaha untuk menumbuhkan komunitas kopi & barista yang sedang berkembang di Bali. Memperkenalkan budaya membuat kopi yang berkualitas di seluruh pulau, dengan misi memberikan akses ke pendidikan dan pelatihan bagi para profesional di industri kopi.

Shae Macnamara, pendiri Expat. Roasters, produsen kopi spesial yang beroperasi di Indonesia, menyatakan bahwa dengan memenangkan gelar ini secara langsung berjalan lurus dengan komitmen mereka kepada pelatihan dan edukasi industri kopi, baik diantara partner wholesale maupun staf internal mereka.

“Mendapatkan posisi pertama di kategori roasting adalah penghargaan yang hebat terhadap dedikasi kami untuk melatih, mendukung, dan membimbing staf-staf yang bekerja di Expat. Roasters.”

“Saya pernah mengalami sendiri segala antusiasme dan tekanan yang ada pada ajang kompetisi seperti ini, tetapi saya sangat percaya bahwa itu semua adalah proses berharga untuk mendorong seseorang dalam memegang peran yang lebih penting diluar dari rutinitas sehari-harinya.”

“Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan untuk tetap terhubung dengan apa yang terjadi secara global di market specialty coffee,” ujar Shae.

Kompetisi ini menghadirkan lebih dari 30 roaster kopi dimana mereka harus melalui tiga tahap penjurian; penilaian biji kopi hijau (mengidentifikasi adanya kesalahan atau cacat pada biji), roasting untuk keperluan sampel, roasting untuk skala produksi besar, dan memadukan berbagai biji kopi single origins.

“Bagian dari alasan saya untuk memulai Expat. Roasters di Indonesia adalah karena saya melihat kesempatan untuk tidak hanya memamerkan kopi spesial yang ditanam di sini, tetapi juga untuk membimbing para barista dan roaster muda untuk menjadi yang terbaik di dunia,” kata Macnamara.

Perluasan Expat. Roasters pada tahun 2019 sedang menuju jalur yang optimis, tidak hanya dengan prestasi nasional ini tetapi juga dengan penambahan outlet-outlet baru di Bali. Expat. Roasters Brew Bar dan Pusat Pelatihan di Petitenget, konsep restoran besar di Ubud bernama Full Circle by Expat. Roasters, dan Expat. Roasters Brew Bar yang baru saja dibuka di Beachwalk Shopping Center di Kuta. (PRNewswire / Trenz Indonesia) | Foto: Dok PRNewswire

Leave A Reply

Your email address will not be published.