Trenz Indonesia
News & Entertainment

Masuki PSBB Transisi, Penjualan Retail Daihatsu Malah Mengalami Peningkatan Hingga 5,2% Di Bulan Agustus

27

Jakarta, Trenz Edutainment l –  Dampak pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia tampaknya belum menunjukkan titik akhir. Bahkan, dampaknya dapat dirasakan disemua sektor termasuk industri dan pasar otomotif nasional.

Hingga saat inipun, data penjualan otomotif nasional masih berada dalam tahap pemulihan dan belum menunjukkan pergerakan kenaikan yang signifikan.

Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Daihatsu yang tergabung dalam Group Astra Internasional ini turut merasakan dampaknya. Tercatat, secara nasional hingga memasuki bulan Agustus, capaian whole sales ada di kisaran 320 ribu unit dan retail sales sekitar 360 ribu unit.

Hal ini disampaikan oleh Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relations Div. Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam acara konferensi press yang digelar secara virtual melalui webinar yang diselenggarakan pada hari Jum’at, 11 September 2020.

“Secara YTD (Year To Date), atau sejak Januari – Agustus, capaian whole sales Daihatsu secara total mencapai 57.978 unit dengan peningkatan market share menjadi 17,9% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,4%. Terkait retail sales, penjualan Daihatsu mencapai 65.767 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,1% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 16,9%,” ujar Hendrayadi.

Sesuai dengan laporan yang diterimanya, termasuk data yang diterima dari Gaikindo, Hendrayadi menegaskan bahwa secara bulanan data whole sales Daihatsu mengalami peningkatan dari yang sebelumnya sebesar 1.553 unit pada Juli, menjadi 6.651 unit pada Agustus, dengan kenaikan lebih dari 4 kali lipat.

“Pada bulan yang sama, retail sales di Agustus tercatat sebanyak 6.300 unit, atau naik 7% dibandingkan bulan Juli lalu sebesar 5.890 unit,” imbuh Hendrayadi.

Secara akumulatif, hingga Agustus 2020, retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan capaian sebesar 18.140 unit, berkontribusi sebesar 27,6%, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 14.054 unit (21,4%), dan Terios 9.844 unit (15,0%).

“Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung semangat pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Kami juga memohon dukungan dari pelanggan dan masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di tengah implementasi PSBB Total di tahap kedua mendatang,” ujar Hendrayadi Lastiyoso.

 

[Sumber: Public Relation PT Astra Daihatsu Motor]; [Foto-foto: ADM]

Leave A Reply

Your email address will not be published.