Trenz Indonesia
News & Entertainment

Event Timor de Belitong: Menggaungkan Keindahan Alam dan Kreativitas Belitung Timur

252

MANGGAR BELITUNG TIMUR, Trenzindonesia | Kabupaten Belitung Timur, sebuah daerah kepulauan yang kaya akan keindahan alam, seni, budaya, dan bahari, menggelar event bertajuk Timor de Belitong yang berlangsung mulai tanggal 1 hingga 4 Juni 2023 di Lapangan Jagor, Kurnia Jaya, Manggar, Belitung Timur. Event ini bertema Art & Creative Fest’ dengan tujuan untuk mengeksplorasi 17 subsektor ekonomi kreatif, termasuk seni rupa, fashion, kuliner, musik, dan seni pertunjukan yang dikemas dengan kearifan lokal dari kehidupan bahari pesisir.

Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar, meresmikan event Timor de Belitong dan menyampaikan bahwa acara ini tidak hanya bertujuan untuk menarik wisatawan asing dan domestik, tetapi juga sebagai langkah dalam memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19. “Event ini juga penting untuk membangkitkan Belitung Timur, baik dalam aspek budaya maupun masyarakatnya. Khususnya, kami berharap generasi muda mencintai seni dan budaya daerah mereka sendiri,” ungkap Khairil Anwar pada Kamis malam (01/06/2023) lalu.

Evi Nardi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, menjelaskan bahwa event Timor de Belitong diadakan untuk mendorong perkembangan 17 subsektor ekonomi kreatif yang berakar dari potensi daerah. Selain itu, acara ini juga bertujuan sebagai sarana promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan kreativitas pelajar, mendukung kemajuan dan pengembangan produk UMKM lokal, serta menjadikan Timor de Belitong sebagai acara tahunan.

Data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menunjukkan bahwa pada tahun 2021, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1.191 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Sektor ekonomi kreatif menjadi sektor unggulan karena pertumbuhannya yang cepat setiap tahunnya. Sektor ini diharapkan mampu menghasilkan devisa yang signifikan dan menjaga keseimbangan neraca perdagangan.

Meskipun sektor ekonomi kreatif mengalami dampak pandemi Covid-19, beberapa sektor seperti animasi, aplikasi, dan pengembang game justru mengalami pertumbuhan. Selama pandemi, sektor ini juga melihat peluang bisnis yang meningkat dengan adanya e-commerce, dengan peningkatan penjualan sebesar 42 persen pada tahun 2021, terutama dalam kategori fashion, makanan, dan lainnya.

Selain menjadi wadah untuk memamerkan produk dari 17 subsektor ekonomi kreatif, event Timor de Belitong juga mengadakan konser musik yang menghadirkan grup musik The Rain dan Happy Asmara. “Grup musik The Rain akan menyapa penggemar mereka di Belitung Timur, dan acara ini akan ditutup dengan penampilan dari Happy Asmara pada malam minggu,” tutup Khairil Anwar.

Event Timor de Belitong telah berhasil menggaungkan keindahan alam dan kreativitas Kabupaten Belitung Timur, serta menjadi ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh daerah ini. (Kelana/Fjr) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.