Trenz Indonesia
News & Entertainment

DEKOPINWIL Jawa Barat Sukses Gelar RAKERWIL Di Tasikmalaya

Bahas Program Kerja dan RAB

205

Tasikmalaya, Trenz News | Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jawa Barat, yang kini dinahkodai Nurodi SE, sukses menggelar “Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) DEKOPINWIL :Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Jawa Barat “yang dihelat selama dua hari, Sabtu – Minggu (4-5/12/2021), di Hotel Grand Metro, Jalan KH Mustopa, Tasikmalaya.

Dalam Rakerwil yang di hadiri oleh seluruh Dewan Koperasi Daerah (DEKOPINDA) dari 27 Kabupaten dan ini, dibahas program kerja dan rancangan anggaran belanja tahun berikutnya, berdasarkan rencana kerja 5 tahun Dekopin dan kebijakan wilayah.

Rakerwil ini digelar selama dua hari, untuk membahas kegiatan tahun 2022 mendatang. Berikut juga advokasi, memfalitasi dan mengedukasi gerakan koperasi di Jawa Barat,” jelas Nurodi SE kepada trenzindonesia.com, Sabtu (4/12/2021).

Rakowil Dekopinwil Jabar tersebut, dihelat bersamaan dengan telah dikeluarkannya keputusan kasasi Mahkamah Agung(MA) yang menolak Kasasi Nurdin Halid.

“Dimana kasasi Nurdin Halid ditolak dan kita kembali ke hasil putusan PTUN Jakarta yang menyebutkan Ketua Umum Dekopin, Dr Sri Untari Bisowarno serta menyatakan Nurdin Halid tidak memiliki legal standing untuk menjadi pucuk pimpinan Dekopin”. Ujar Nurodi.

“Jadi, persoalan hukum sudah selesai”, tegasnya.

Masih menurut Nurodi, Rakerwil Dekopinwil JaBar kali ini merupakan kali pertama digelar di Tasikmalaya. Tempat tersebut dipilih, karena merupakan kota tempat berdirinya koperasi pertama kali.

Nurodi juga berharap dengan Rakerwil ini, semua bisa bekerjasama membuat program nyata yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota koperasi di Jawa Barat.

“Melalui Rakerwil ini, kita berharap bisa membuat program real di lapangan, sesuai arahan terutama dari Menteri, agar koperasi berperan dalam usaha ketahanan pangan, juga berkaitan dengan digitalisme, agar koperasi mampu bersaing dengan badan usaha.Jadi, diharapkan kekompokan bisa terjaga agar program terbaik bisa disajikan untuk koperasi di Jabar,” papar Nurodi.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Bekasi, Sungkono  mengucapkan puji syukur, setelah cukup lama menunggu hasil kepastian hukum ini. Dan saat ini gugat menggugat sudah selesai di tingkat Kasasi MA dengan kemenangan berpihak kepada ketua Umum Ibu Dr. Sri Untari Bisowarno.

Sungkono pun menjelaskan, Kota Bekasi sebagai kota yang terus berkembang yang sudah tentu mempunyai tantangan yang cukup besar terutama pada gerakan koperasi.

“Kami Dekopinda Kota Bekasi akan merangkul semua pihak untuk mensejahterakan gerakan koperasi di Kota Bekasi”, tegas Sungkono.

Nurodi SE, Ketua Dekopinwil Jawa Barat bersama Sungkono, Ketua Dekopinda Kota Bekasi

Dekopinda Kota Bekasi sudah berjalan koperasinya, dan sudah banyak masyarakat yang ikut dan mendaftar menjadi anggota koperasi” jelasnya.

Masih menurut Sungkono, tantangan gerakan koperasi ke depan harus mampu memberikan yang terbaik kepada anggotanya. Selain itu, dalam di digital sekarang ini pihaknya di tuntut untuk mampu beradaptasi dalam mengelola koperasi.

“Mari kita siapkan bersama-sama agar koperasi di Kota Bekasi mampu masuk dalam ekosistem digital Indonesia. Kita yakin, kita mampu melakukannya,” Pungkas Sungkono.(dd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.