Trenz Indonesia
News & Entertainment

ICF dan PT. SMI Gelar Virtual Talkshow Vaksinasi Gotong Royong

Dukung Vaksinasi Nasional Dan Gotong Royong

184

Jakarta, Tenz News | Guna turut mengedukasi masyarakat berkenaan dengan program Pemerintah terkait Vaksinasi Nasional serta peran serta pihak swasta untuk menyelenggarakan Vaksinasi Gotong Royong, Indonesia Care Forum (ICF) berkerjasama dengan PT. Sinar Media Indonesia (PT. SMI) menggelar virtual talk show bertajuk “Dukung Vaksinasi Nasional Dan Gotong Royong”, pada Rabu, 24 Maret 2021, pkl. 13.00 – 14.00 WIB.

Dipandu oleh Aulia Muffida selaku MC sekaligus Moderator, Virtual talk show tersebut menghadirkan narasumber dr Lia G Partakusuma yang merupakan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Sekjen Persi), sekaligus  Dewan Pembina Sosial Komite Investigasi Negara Republik Indonesia (KIN RI) yang kini menjabat sebagai Direktur RSUP Persahabatan, Jakarta serta ada juga Inggar Saputra, dari Insure Institute.

Selain melibatkan beberapa pihak baik masyarakat, jurnalis dan kalangan akademisi, virtual talk show tersebut juga diikuti oleh Saiful SH atau Mr. Bejo yang merupakan CEO PT. Sinar Media Indonesia (PT. SMI) serta Rakisa atau Akish dari Indonesia Care Forum (ICF).

Baca Juga:

Lawan Pandemi Covid-19 Dengan Semangat Gotong Royong Vaksinasi

Menurut Inggar Saputra, Pemerintah sudah menganggarkan biaya untuk pembelian vaksin sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia ditengah pandemi.

“Selain sudah menjadi program Pemerintah untuk pelaksanaan Vaksinasi Nasional, tentunya dibutuhkan peran serta swasta untuk aktif berpartisipasi, dengan dijiinkannya Vaksinasi Gotong Royong / Vaksinasi Mandiri.”, ujar Inggar.

“Ini menjadi bagian dari kepentingan swasta ikut membantu pemerintah agar karyawannyapun mendapatkan vaksinasi yang dapat meningkatkan tingkat kehidupan yang lebih baik”, tambahnya..

“Pastinya untuk keamanan, semua Vaksin Gotong Royong, telah menjalani uji klinis yang mana vaksiasi mandiri harus sama kualitasnya dengan yang di sediakan pemerintah”, lebih lanjut.

Inggar Saputra, Insure Institute

Vaksinasi Gotong Royong merupakan kontribusi, dorongan, bantuan dari pengusaha-pengusaha yang ingin berpartisipasi aktif membantu negara dalam mempercepat penanganan pandemi covid-19.” Jelas Inggar.

“Pemerintah sudah banyak berbuat dan berkontribusi, sumbangsihnya jelas, cuma kan ada keterbatasan, gak semua bisa diakses. Saat ini Masih lansia, tenaga pendidik dan nakes, baru terbatas itu, sementara masyarakat punya hak yg sama sesuai konstitusi dan ingin pemerataan. Sudah seharusnya, kita berterimakasih ada niat baik dari swasta untuk membantu pemerintah mempercepat penanganan pandemi covid-19 melalui Vaksinasi Gotong Royong.”, tandas Inngar Saputra.

Sementara menurut Akish dari ICF selaku koordinator virtual talk show bertajuk “Dukung Vaksinasi Nasional Dan Gotong Royong”, Pemerintah sudah mengeluarkan peraturan terkait Vaksinasi Gotong Royong, diantaranya tidak menggunakan fasilitas pemerintah seperti Rumah Sakit dan lainnya, jadi harus dilakukan di klinik perusahaan atau tempat yang telah direkomendasikan. Jenis vaksin juga sudah ditentukan, tentunya melalui PT. Bio Farma sebagai user pertama yang mensuplai ke perusahaan.

“Pemerintah punya Vaksin Nasional, swasta punya Vaksin Gotong Royong, dalam rangka percepatan penanganan covid-19.”, tegas Akish.

“Untuk pelaksanaannya, Pemerintah sudah punya jadwal dari mulai nakes, pejabat publik, lansia dan akan berlanjut hingga selesai, sementara untuk Vaksinasi Gotong Royong baru akan dimulai pada bulan April 2021, tentunya sesuai dengan yang sudah diatur melalui Permenkes”, urai Akish.

‘Yang patut diketahui, sama seperti Vaksinasi Nasional yang gratis, maka Vaksinasi Gotong Royong yang dilaksanakan oleh perusahaan atau swasta juga berlaku gratis untuk semua penerimanya, jadi perusahaan atau swasta yang bayar ke Pemerintah.”, tegas Akish.

“Selain Perusahaan dan pihak swasta, bisa juga melalui aplikasi halodoc yang menawarkan vaksinasi, cuma harus bayar sendiri.”, lanjutnya.

Sementara terkait peran Indonesia Care Forum (ICF) yang bekerjasama dengan PT. Sinar Media Indonesia (PT. SMI) dalam melaksanakan virtual talk show bertajuk “Dukung Vaksinasi Nasional Dan Gotong Royong” adaah untuk memberikan pencerahan bahwa Vaksin Nasional dengan Vaksin Gotong Royong itu sama aja, cuma pelaksanaannya aja yang berbeda..

“Ditengah pandemi ini, banyak informasi liar yang simpang siur, makanya ICF bekerjasama dengan PT. SMI mencoba memberikan literasi dan informasi yang benar ditengah maraknya hoaks hoaks yang berkembang seputar Vaksinasi Covid-19”, pungkas Rakisa atau Akish. (Fajar)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.