Trenz Indonesia
News & Entertainment

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Peringatkan Jajarannya Untuk Berhenti Lakukan Pungli

Pungli PETI Di Semadin Lengkong, Langgar Komitmen Kapolri

212

MELAWI KALBAR, Trenzindonesia | Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo berkomitmen memberantas pungutan liar (pungli). Dia menyinggung budaya setoran ke atasan yang disebutnya sebagai dalih anggota melakukan hal tersebut.

“Kita-kita yang atasan-atasan ini juga harus mengurangi hal-hal atau menghilangkan hal-hal yang membuat anggota kemudian memiliki alasan untuk melakukan pungli, karena alasannya untuk melakukan setoran ke atasan. ini tolong ditiadakan,” kata dia dalam keterangannya seperti dikutip dari liputan6.com.

Listyo meminta para perwira Polri meniru As SDM Mabes Polri Irjen Pol Wahyu Widada yang secara tegas menolak adanya pungutan liar pada saat rekrutmen Polri maupun penempatan jabatan.

“Saya kira Pak As SDM sudah melakukan tidak ada yang namannya mau masuk sekolah bayar, mau dapet jabatan bayar. Dan ini sudah saya cek di mabes tidak ada seperti itu, termasuk juga kalau ada yang bawa-bawa nama saya tolong tangkap, dan laporkan,” kata dia.

“Kita sepakat di mabes tidak ada yang seperti itu, tolong di Polda di Polres lakukan hal yang sama, tidak ada untuk menempatkan jabatan harus bayar, tidak ada untuk supaya seseorang untuk sekolah harus bayar,” sambung dia.

Listyo menegaskan tidak mentolerir anggotanya yang melakukan pungutan liar (pungli). Dia mengaku, telah menginstruksikan Divisi Propam untuk turun langsung melakukan pengawasan.

“Karena ini terkait dengan komitmen kita ke depan supaya lebih baik, karena itu saya minta propam betul-betul awasi, saya masih mendengar hal-hal seperti itu, kalau masih ada saya turunkan propam langsung saya copot. tolong ini menjadi perhatian,” tegas dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperingatkan jajarannya untuk berhenti melakukan pungutan liar (pungli).

Korwil TINDAK Indonesia Bambang Iswanto,A.Md, Kita mengapresiasi Komitmen Kapolri untuk menindak tegas terhadap anggota Polri yang melakukan pungutan liar (pungli), komitmen tersebut harus dilakukan sampai ke tingkat bawah seperti kepolisian sektor (Polsek), sehingga menghilangkan stigma negatif terhadap kinerja kepolisian,” tuturnya.

“Menurutnya, langkah ini merupakan dasar dalam menjadikan Polri yang lebih baik. Apresiasi komitmen dan ketegasan Pak Kapolri dalam berupaya memberantas kebiasaan buruk di institusi Polri ini. Karena untuk memberantas pungli, tentu diperlukan perubahan mental dan karakter dari para anggota. Jadi ini merupakan terobosan awal dalam menjadikan Polri yang lebih baik dan profesional. Mulai sekarang polisi yang suka pungli harus tutup lapak,” ujar Bambang dalam keterangannya, Sabtu(21/Januari/2023)

Bagaimana pungli PETI di kabupaten Melawi….? ujar awak media padanya. Untuk sementara kita lihat dulu bagaimana intern mereka untuk menyikapi hal tersebut, kalau tidak ada tindakan tegas kita laporkan saja dengan Kapolri, minta statement dari beliau bagaimana dan seperti apa hukuman yang pantas untuk pungli PETI di kabupaten Melawi,”tutupnya. (PR/Adi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.