Trenz Indonesia
News & Entertainment

Musisi Iwan Xaverius Meninggal Dunia

514

Jakarta, Trenzindonesia | Dunia musik rock Tanah Air kembali berduka. Iwan Xaverius, mantan pemain bass dari band legendaris Edane, telah meninggal dunia.

Musisi Iwan Xaverius Meninggal DuniaKabar duka ini disampaikan oleh pengamat musik Stanley Tulung melalui unggahan di Facebook, Instagram, dan grup WhatsApp Solidaritas Seniman Musik Indonesia.

“Berita duka, Iwan Xaverius, mantan pemain bass Edane, Jet Liar, dan Blackout meninggal dunia karena sakit,” tulis Stanley Tulung pada Rabu (5/6/2024).

Musisi Iwan Xaverius Meninggal DuniaBeberapa tahun terakhir, Iwan memang terbaring lemah akibat penyakit yang dideritanya. Personil PAS Band, Sandy, pernah membagikan video yang menunjukkan kondisi almarhum Iwan yang terbaring lemah di rumah sakit jantung. Bahkan, pada awal bulan April 2024, Sandy dan sejumlah musisi menggalang dana untuk membantu pengobatan Iwan. Sandy juga mengungkapkan kondisi Iwan yang terancam diusir dari tempat tinggalnya karena belum membayar sewa.

“Kabar terakhir, mereka akan diusir dari kontrakan karena nggak bisa bayar lagi,” tulis Sandy dengan rasa terharu.

Musisi Iwan Xaverius Meninggal DuniaPerjalanan Iwan Xaverius Bersama Edane

Iwan Xaverius dikenal sebagai bassist yang memperkuat jajaran Edane di awal karier bermusiknya pada era 1990-an. Dilansir dari laman Wikipedia, Iwan digaet oleh Eet Sjahranie dan Ekki Soekarno untuk bergabung dengan Edane. Grup ini debut dengan album “The Beast” pada 1992, kemudian dilanjutkan dengan album-album ikonik seperti “Jabrik“, “Borneo“, “9299“, dan “170 Volts“. Iwan akhirnya mundur dari grup ini setelah Edane merilis album “Time To Rock” pada tahun 2005.

Peran dan kontribusi Iwan Xaverius dalam dunia musik rock Indonesia sangatlah besar. Melalui keahliannya bermain bass, ia turut membentuk karakter musik Edane yang dikenal dengan gaya rock yang kuat dan enerjik. Karyanya akan selalu dikenang oleh para penggemar musik rock di Indonesia.

Semoga arwah Iwan Xaverius mendapat tempat yang layak di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. (Da_Bon/Fajar) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.