Trenz Indonesia
News & Entertainment

Panglima TNI dan Kasad Kompak Serukan Cintai Alam

Ajak 1.800 Orang Bersihkan Sampah dan Tanam Pohon di Situ Lembang

122

Kabupaten Bandung Barat, Trenzindonesia | Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bersatu kompak dalam mengajak ribuan orang untuk menjalankan gerakan mencintai alam.

Mereka memimpin kegiatan pembersihan sampah, penanaman bibit pohon, dan penyebaran bibit ikan di Daerah Latihan (Rahlat) Situ Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada Sabtu (27/1/2024).

Panglima TNI dan Kasad Kompak Serukan Cintai AlamSebanyak 1.800 peserta bergabung dalam kegiatan ini, terdiri dari personel TNI AD, organisasi masyarakat, dan LSM. Panglima TNI secara simbolis membuka rangkaian kegiatan dengan mengangkat bendera start, menandai dimulainya aksi peduli lingkungan tersebut.

Dalam kegiatan ini, sekitar 20 ribu bibit pohon ditanam, melibatkan berbagai jenis pohon seperti Mahoni, Trembesi, Pinus, Sengon, Durian, Matoa, Salam, Akasia, dan Suren. Selain itu, sebanyak 3,5 ton bibit ikan dari jenis ikan mas, patin, tawes, dan nila disebar di area Rahlat.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi erosi tanah yang menjadi penyebab utama banjir. Selain itu, dengan penghijauan, kualitas air pegunungan di Situ Lembang dijaga, menciptakan konservasi keanekaragaman hayati, menyediakan sumber daya alami, dan berpotensi menjadi sumber mata pencaharian bagi jutaan orang di masa mendatang.

Panglima TNI mengapresiasi inisiatif TNI AD yang dipimpin langsung oleh Kasad. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh dan terus digalakkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kasad yang telah menginisiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat secara kontinyu dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia oleh seluruh jajaran,” ungkap Panglima TNI, mengapresiasi dedikasi dalam menjaga kelestarian lingkungan. (PR/Fjr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.