Trenz Indonesia
News & Entertainment

Presiden Jokowi Resmikan Tzu Chi Hospital

124

JAKARTA, Trenzindonesia | Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meresmikan Tzu Chi Hospital yang terletak di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, pada hari Rabu (14/06/2023) siang. Dalam acara tersebut, Presiden mengungkapkan apresiasi atas kehadiran rumah sakit ini yang memiliki kapasitas 576 kamar dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan modern dan canggih.

Presiden mengatakan, “Saya tadi baru saja berkeliling untuk melihat fasilitas penanganan pasien, baik yang berkaitan dengan kanker, thalasemia, maupun sumsum. Semuanya saya lihat peralatan dan sarana prasarana yang sangat modern.”

Kehadiran rumah sakit ini diharapkan dapat mengurangi jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang pergi berobat ke luar negeri, sehingga dapat mengurangi pengeluaran devisa negara. Presiden menjelaskan, “Kita tahu hampir satu juta orang WNI pergi berobat ke luar negeri setiap tahun. Hal ini menyebabkan kita kehilangan devisa sebesar 11,5 miliar Dolar AS, atau sekitar Rp170 triliun, karena pembayaran dilakukan di luar negeri.”

Presiden meyakini bahwa dokter-dokter di Indonesia memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan dokter dari negara lain, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Ia menyatakan, “Dokter-dokter kita tidak kalah pintar dibandingkan mereka, hanya saja peralatan yang kita miliki masih kalah. Oleh karena itu, Tzu Chi Hospital telah menyiapkan peralatan yang saya lihat tadi. Semoga dengan adanya ini, kita dapat bersaing dan masyarakat kita dapat berobat di dalam negeri, sehingga kita tidak lagi kehilangan Rp170 triliun setiap tahun hanya untuk urusan kesehatan.”

Acara peresmian Tzu Chi Hospital turut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Pj. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yang mendampingi Presiden dalam kesempatan tersebut. (Setkab.go.id)

Leave A Reply

Your email address will not be published.