Trenz Indonesia
News & Entertainment

Teguh Esha Penulis Novel ‘Ali Topan Anak Jalanan’ Meninggal Dunia

263

Jakarta, Trenz News | Innalillahi Wainnaillaihi Rojiun… kabar duka kembali memayungi dunia seni dan budaya Indonesi.a. Wartawan senior dan sastrawan Teguh Esha, Penulis novel ‘Ali Topan, Anak Jalanan’ kembali keharibaan Ilahi pada Senin, 17 Mei 2021, sekitar pukul 07.23 WIB di RS Dr Suyoto, Bintaro.

Menurut info dalam pesan WA dari Mamat, putra bungsunya, Almarhum Teguh Esha juga dalam kondisi positif Covid-19, dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir blok AA1 dengan menerapkan protokol kesehatan..

Teguh Esha atau aslinya bernama Teguh Slamet Hidayat Adrai lahir di Banyuwangi, 8 Mei 1947 dan besar di Bangil, Jawa Timur. Bersama Djoko dan Kadjat, sosok yang ramah namun juga mampu berkata keras dan kritis ini pernah menerbitkan majalah Sonata dan menjabat sebagai wakil pemimpin redaksi pada 1971-1973 serta pernah menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Hiburan Le Laki pada 1974-1977.

Nama Teguh Esha meroket saat ditahun 1977, novel pertamanya  bertajuk “Ali Topan, Anak Jalanan”  diterbitkan dan menjadi bacaan favorit anak muda saat itu serta tergolong sebagai karya populer karena dalam waktu singkat novelnya laris terjual hingga sekitar 60.000 buku, bahkan dalam waktu enam bulan, novel tersebut telah dicetak sebanyak empat kali.

Ditahun 1978, Teguh Esha juga menulis lagu yang dinyanyikan Franky Sahilatua dan Jane Sahilatua dalam album “Balada Ali Topan”.

Selain ‘Ali Topan Anak Jalanan (1977), Novel Teguh Esha lainnya adalah Ali Topan Detektif Partikelir (1978), Dewi Besser (1979), Dari Januari sampai Desember (1980), Izinkan Kami Bercinta (1981), Anak Gedongan (1981), dan Penembak Bintang (1981), Ali Topan wartawan Jalanan (2000). Novel ‘Ali Topan Anak Jalanan’ dan ‘Ali Topan Detektif Partikelir’ juga diangkat ke layar lebar.

Ditahun 2005 lalu, Teguh Esha bersama Wasmi Alhaziri, Muhammad Fauzi, Sabu Donald W, Erwin R. Sigarlaki dan Arya Wisesa juga sempat menulis untuk buku “Ismail Marzuki: Musik, Tanah Air dan Cinta”.

Selain itu Teguh Esha  juga menulis buku berjudul “Alexandra Dan Ali Topan: Ku Selalu Ada”, yang terbit di tahun 2007.

Sedangkan buku lainnya yang ditulis oleh Teguh Esha bersama Donna Sita Indria yang terbit di tahun 2013 adalah “Otto Cornelis Kaligis: a man with million surprises”.

Sedang di bidang musik, Teguh Esha pernah berkolaborasi dengan grup rock legendaris God Bless pada tahun 2016, dalam penggarapan album “Cermin7”. Di album tersebut, Teguh Esha menulis lirik untuk dua lagu baru yang bertajuk ‘Damai’ dan ‘Bukan Mimpi Bukan Ilusi’.

Hingga akhir hayatnya, Teguh Esha yang menikah dengan Ratnaningdiah Indrawati Santoso Brotodihardjo di tahun 1980 lalu, telah dikaruniai 7 orang anak. (Fjr) : Foto: Google.co.id & Istimewa

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.