Trenz Indonesia
News & Entertainment

797 RW di Kota Bogor akan dipasang Wifi oleh pemerintah Kota Bogor

78
Walokota Bogor, Bima Arya

Bogor, Trenz News | Pemerintah Kota Bogor menyiapkan skema pemasangan pemancar Internet atau Wifi untuk membantu warga, khususnya dalam melakukan pembelajaran jarak jauh(PPJ), tidak semua masyarakat mampu memenuhi atau membeli kuota jaringan internet yang selalu menjadi permasalahan dalam kegiatan PPJ.

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menjelaskan, dirinya  banyak menerima masukan dari masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kuota, apalagi dalam kondisi pandemi covid-19 masyarakat terdampak secara ekonomi.

“kita akan bekerjasama agar keluarga yang punya persoalan internet dipecahkan masalahnya”, ujar Bima.

“Saya juga telah meminta Dinas Komunikasi, Imformatika dan Statistik Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor untuk menyiapkan kebutuhan dan pengadaan secara teknisnya”, jelas  Bima, di balaikota Bogor Kamis 06/08/2020.

“Wifi itu dapat membantu kekurangan yang belum dilakukan oleh Pemerintah Pusat, yaitu memastikan Insfrastruktur IT (Imfomation Technology), lanjutnya.

Menurut Kepala Diskominfostandi Kota Bogor Rahmat Hidayat, pihaknya sedang menghitung kebutuhan masyarakat terhadap akses internet, terdapat dua skema yang disiapkan Pemkot Bogor dalam pemasangan Wifi.

Skema pertama memasang wifi di 68 Kelurahan di Kota Bogor, namun Rahmat menilai skema tersebut bakal tak berjalan efektif.

“Karena anggaran nya lebih murah, secara sosial distancing dan jarak tempuh anak sekolah jauh dan malah berkerumun”, cetus Rahmat,

Skema kedua, yakni memasang wifi di setiap RW meskipun biaya lebih mahal tetapi efektif,

“Kalo RW kan lebih tersebar yaitu sebanyak 797 RW diKota Bogor, sedang kita hitung anggarannya termasuk insfrasturkturnya. Kita sudah kordinasi dengan teman teman”, ujar Rachmat

“Wifi tersebut dapat dipergunakan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya secara digital. Kalau sudah ada, wifi bermanfaat untuk ekonomi dan pendidikan di kota Bogor”, ungkapnya.

Kepala Diskominfostandi Kota Bogor, Rachmat Hidayat

Rahmat juga menjelaskan sudah berkordinasi dengan penyedia jaringan yang ada di Kota Bogor sehingga saat pemasangan wifi akan disesuaikan dengan insfraktuktur jaringan yang ada di masing-masing kelurahan, rencana wifi akan dipasang ditempat umum seperti posyandu maupun balai RW yang memiliki kapasitas 20 Megabit per second (Mbps). Jumlah tersebut dapat dipergunakan oleh sekitar 40 pengguna dalam sehari di setiap RW, Pemkot Bogor menyiapkan  anggaran biaya sekitar 1,5 Miliar,biaya tersebut untuk membayar tagihan wifi selama 4 Bulan di 797 RW se-Kota Bogor

“Dengan kalkulasi kalo masang di rumah sekitar 500 ribu (per bulan) ya anggap saja satu RW biayanya 500 ribu per bulan dikalikan saja selama 4 bulan” tutur Rahmat.

“Mudah-mudahan secepatnya pemasangan wifi ini bisa dilaksanakan di Kota Bogor untuk membantu kegiatan PPJ dan UMKM agar permasalahan dan keluhan masyarakat bisa terselesaikan”, pungkas Rachmat Hidayat. (dadi) | Foto: Google.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.