Trenz Indonesia
News & Entertainment

Astra Berikan Sentuhan Warna Lain Dalam Penyelenggaraan 11th SATU Indonesia Awards 2020

47

Jakarta, Trenz Edutainment l – Kerja keras ASTRA International dalam penyelenggaraan program 11th SATU Indonesia Awards 2020 telah mencapai puncaknya dengan terpilihnya kesebelas pemuda dari berbagai daerah ditanah air sebagai penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 dari Astra.

Para penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 ini akan menerima dana pembinaan sejumah Rp 60 juta dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra seperti Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra.

Astra juga telah mengolaborasikan program Desa Wisata Tanon yang diinisiasi oleh Trisno, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional tahun 2015, dengan program Kampung Berseri Astra Tanon, Jawa Tengah.

Begitu juga dengan program dari penerima SATU Indonesia Awards tingkat nasional tahun 2017 Anjani Sekar Arum yang dikolaborasikan dengan Desa Sejahtera Astra Kota Batu, Malang.

Serta, program dari penerima SATU Indonesia Awards tingkat provinsi tahun 2017 Nur Rahmi Yanti melalui budidaya Sorghum menciptakan lapangan kerja baru yang dikolaborasikan dengan Desa Sejahtera Astra Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Selain kesebelas penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional, juga ditetapkan 81 penerima apresiasi tingkat provinsi, sehingga jumlah penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan provinsi secara keseluruhan mencapai 70 dan 327 orang pada tahun ini.

Terpilih juga salah satu finalis favorit dari 23 finalis, yaitu I Gede Merta Yoga Pratama”Pelacak Ikan Berbasis Navigasi” (bidang Teknologi – Bali).

Bincang Inspiratif AstraTalk

Program 11th SATU Indonesia Awards 2020 turut pula diselingi dengan kegiatan AstraTalk sebagai penutup dari serangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

AstraTalk merupakan sebuah bincang inspiratif dengan empat segmen yang mengangkat tema cerita kontribusi kesebelas penerima apresiasi bersama para dewan juri, yaitu: Segmen pertama dengan tema Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi dihadiri oleh para juri SATU Indonesia Awards, yakni Prof. Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia, dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Segmen selanjutnya dengan tema Lingkungan dan Kewirausahaan dihadiri oleh para juri SATU Indonesia Awards, yakni Ir. Tri Mumpuni, pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), dan Pendiri Young On Top Billy Boen. Segmen ketiga dengan tema Teknologi dan kelompok dihadiri oleh para juri SATU Indonesia Awards, yakni Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk Toriq Hadad dan pakar teknologi informasi Onno W. Purbo Ph.D.

Segmen penutup diisi dengan tema Pendidikan dan Kesehatan dihadiri oleh Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Nila Moeloek dan Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Universitas Negeri Jakarta Prof. Fasli Jalal, dan pegiat seni Dian Sastrowardoyo.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pemberian apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 dilaksanakan secara virtual melalui channel YouTube SATU Indonesia. Tidak hanya saat penyerahan apresiasi dan AstraTalk, pada proses pendaftaran, penjaringan, penjurian telah dilaksanakan juga secara virtual.

Sebagai bentuk komitmen, Astra bersungguh-sungguh mencari anak-anak muda berprestasi yang tersebar di seluruh pelosok negeri, Astra berkolaborasi dengan mitra lintas bidang dengan semangat yang sejalan dengan Astra dalam menggerakkan generasi muda Indonesia untuk memajukan bangsa. Pada tahun ini, Astra kembali menggandeng Tempo, Antara, dan Kumparan sebagai mitra penjaringan para finalis.

Serta pertama kalinya Astra bekerja sama dengan Young On Top dan IDN Times untuk menjaring lebih banyak anak muda yang berkontribusi positif. Apresiasi kepada anak muda yang telah berkontribusi positif untuk masyarakat sekitarnya itu sejalan dengan cita-cita Astra, sejahtera bersama bangsa. ***

[Sumber: Media Relation ASTRA International]; [Foto-foto: Dok. Astra]

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.