Trenz Indonesia
News & Entertainment

Inilah Tantangan dan Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

FORUM DISKUSI PUBLIK

79

Jakarta, Trenz Corner | Anggota Komisi I DPR RI, Itet Tridjajati Sumarijanto mengatakan pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap kondisi ekonomi, sosial, dan budaya. Beberapa tantangan saat ini yang harus dihadapi adalah misinformasi atau hoaks akibat berubahnya gaya hidup masyarakat secara cepat.

“Kenapa banyak hoaks, karena pandemi ini merubah gaya hidup masyarakat yang lebih banyak dirumah, hal ini menjadi tantangan dalam penanganan Covid-19 yang menimbulkan keresahan di masyarakat dengan menolak vaksin misalnya sehingga menghambat penanganan pandemi itu sendiri,” ujar Itet  dalam webinar Forum Diskusi Publik dengan tema “Tantangan dan Peluang di Tengah Pandemi Covid-19” yang digagas Ditjen Informasi dan Komunikasi, Kemenkominfo, Sabtu, 20 November 2021.

Anggota DPR dari Fraksi PDI-Perjuangan ini juga mengingatkan pentingnya keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam sehingga patut disyukuri.

Ahmed Kurnia Soerawidjaja, Direktur Pengelolaan Media pada Ditjen Informasi dan Komunikasi, Kemenkominfo, menilai hoaks yang menyebar di tengah masyarakat bisa menghambat upaya penanganan pandemi covid-19.

Hoaks berkembang ketika terjadi dinamika yang tinggi di masyarakat, yakni transformasi digital yang begitu cepat ditengah krisis kesehatan seperti sekarang. Yang tentu saja krisis ini juga mampu menghasilkan peluang.

“Peluang ini menjadi peran strategis ditengah krisis kesehatan melalui transformasi digital inovatif dan kreatif, beradaptasi dengan kebiasaan baru yang sehat dan menghindari hoaks,” ucapnya.

Menurutnya, kapan pandemi akan berakhir kita tidak tahu, namun demikian yang pasti ke depan mungkin akan berdampingan dengan Covid-19.

“Pesan saya kepada generasi muda harus kreatif dan inovatif bukan hanya menyelamatkan diri kita tetapi menyelamatkan anak bangsa ke depan,” tegasnya.

Sementara itu Hartono, MA, Akademisi Universitas Lampung menambahkan, situasi pandemi covid-19 menjadi pembelajaran yang dapat mendorong penggunaan teknologi digital berkembang cepat lagi.

Pada era situasi teknologi digital yang begitu cepat ini, menjadi tantangan dan peluang yang berpengaruh terhadap ekonomi.

“Tantangannya adalah ekonomi global  yang ketidakpastian namun bagi pelaku ekonomi ini menjadi peluang agar mampu bertahan dan berkembang jika menjalankan strategi inovatif dan kreatif akibat ketidakstabilan,” ucapnya.

Oleh karena itu ditambahkan Hartono, harus sadar betul bagaimana memanfaatkan dunia digital secara benar tidak hanya digunakan untuk menyebarkan emosi dengan menyalakan orang lain.

“Saatnya move on akibat pandemi ini degan menerima tantangan dan mengambil peluang melalui transformasi digital yang kreatif dan inovatif sehingga mampu mengubah keadaan lebih baik,” tandasnya. [Bejo]

Leave A Reply

Your email address will not be published.