Trenz Indonesia
News & Entertainment

94 Persen Lebih Warga Binaan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Dapat Hak Pilih Pemilu 2024

159

JAKARTA, Trenzindonesia | Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta aktif dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024 Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta di Holiday Inn Jakarta Kemayoran pada Selasa, 27 Juni 2023.

Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta menjadi mitra strategis dalam memastikan hak pilih yang demokratis dan inklusif bagi warga binaan di Lapas Rutan wilayah DKI Jakarta. Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun, menjelaskan bahwa partisipasi aktif warga binaan dalam proses demokrasi merupakan aspek penting dari pembangunan masyarakat yang inklusif dan berkeadilan. Oleh karena itu, Kemenkumham DKI Jakarta telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk memenuhi hak-hak dasar warga binaan, termasuk hak pilih mereka.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta adalah menjalin kerja sama dengan Dinas Dukcapil untuk pemadanan data dan perekaman Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga binaan. Perekaman NIK ini bertujuan untuk memastikan bahwa warga binaan yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilih mereka secara sah dan demokratis.

Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dengan tegas mengakui hak konstitusional warga binaan yang memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu Tahun 2024. Mereka menjalin kerja sama dengan KPU Provinsi DKI Jakarta dan memastikan bahwa daftar pemilih tetap di Lapas Rutan wilayah DKI Jakarta telah disusun dan direkapitulasi dengan teliti dan akurat.

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Penetapan DPT oleh tiga Kota Administrasi, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan, dari total 15.846 orang warga binaan di wilayah DKI Jakarta, sebanyak 14.704 orang atau 94,64% warga binaan telah ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Wilayah menyerahkan handbook data rekapitulasi DPT warga binaan Lapas/Rutan wilayah DKI Jakarta kepada Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Dinata. Wahyu menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk mewujudkan pemilu berkualitas yang didukung oleh data pemilih yang berkualitas. Ia juga mengapresiasi kerjasama dan dukungan dari KPU Provinsi DKI Jakarta serta menekankan bahwa partisipasi warga binaan dalam Pemilu Tahun 2024 akan memperkuat demokrasi di Indonesia.

Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta berkomitmen untuk memberikan pemahaman dan pendidikan politik kepada warga binaan tentang pentingnya hak pilih, peran aktif dalam masyarakat, dan tanggung jawab sebagai warga negara. Melalui langkah-langkah ini, diharapkan tercipta lingkungan yang inklusif di mana setiap warga negara Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi. (ian Rasya / Fjr) | Foto: Dok. Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published.