News

Satgas Pamtas RI-Malaysia Patroli Patok Batas Negara

Satgas Pamtas RI-Malaysia Patroli Patok Batas Negara

KAB.KAPUAS HULU, Trenzindonesia| Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti Pos Mentari, melaksanakan Patroli Patokdi wilayah Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Patroli patok tersebut dilakukan sesuai tugasnya untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan keamanan di wilayah perbatasan RI-Malaysia,

Satgas Pamtas RI-Malaysia Patroli Patok Batas NegaraHal ini disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti, Mayor Arm Ady Kurniawan, dalam sebuah rilis tertulis yang dikeluarkan di Makotis Badau,  Selasa (11/07/2023).

Menurut Dansatgas, salah satu tugas utama TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah mengamankan wilayah perbatasan, dan Patroli Patok merupakan salah satu implementasi dari tugas tersebut.

Patroli Patok kali ini dipimpin oleh Danpos Mentari Kapten Arm Rizal Karisna dan dilaksanakan oleh empat orang anggota. Terdapat 106 patok yang menjadi tanggung jawab Pos Pamtas Mentari Satgas Yonarmed 10/Bradjamusti, yang terdiri dari Patok Batas Type D dan C.

Dalam perjalanan Patroli Patok ini, mereka harus menempuh jarak sekitar 25 km menuju Patok pertama. Kemudian, mereka membutuhkan waktu sepuluh hingga dua belas hari perjalanan pulang pergi untuk mencapai 105 Patok lainnya yang menjadi tanggung jawab Pos Pamtas Mentari.

Dansatgas menjelaskan bahwa tujuan dari Patroli Patok ini adalah untuk memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser atau rusak. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Satgas Pamtas RI-Malaysia Patroli Patok Batas NegaraDalam pelaksanaan Patroli Patok ini, prajurit Satgas Pamtas harus memiliki kondisi fisik yang prima dan mental yang kuat. Mereka harus menghadapi medan yang berat dan bervariasi, seperti melintasi sungai, menyusuri rawa-rawa, dan menerobos hutan yang lebat.

Dengan dilaksanakannya Patroli Patok ini, diharapkan wilayah perbatasan dapat tetap aman dan terjaga, serta memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Prajurit Satgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti siap melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan semangat dalam menjaga keamanan perbatasan. (Penkostrad / Fjr)

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya