Trenz Indonesia
News & Entertainment

Honda Racing Simulator Championship Ajang Balap Virtual Perebutkan Hadiah Puluhan Juta

Sirkuit Virtual Suzuka Jadi Ajang Pembuka Honda Racing Simulator Championship 2020

173

Jakarta, Trenz Life Style l Akhir pekan ini menjadi  lebih semarak dengan gelaran ajang balap virtual Honda Racing Simulator Championship (HRSC), tayangan langsung lewat channel Youtube Hondaisme.

Dengan menggandeng HM Engineering, PT Honda Prospect Motor giat HRSC pertama di Indonesia. Gelaran HRSC adalah balap simulator pertama di Indonesia yang digelar oleh pabrikan otomotif.

Sebanyak 232 pendaftar telah mengikuti babak kualifikasi, sejak pertama kali dibuka pada tanggal 15 Juni – 4 Juli 2020. Dari kualifikasi tersebut, sebanyak 60 peserta dinyatakan lolos dan berlanjut ke babak kualifikasi.

Kejuaraan sendiri dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas profesional dan kelas amatir. Ke 60 peserta yang sudah lolos babak kualifikasi selanjutnya bertarung di seri pertama HRSC,pada 1Sabtu (11/7) di sirkuit virtual Suzuka, Jepang.

Dengan mengusung semangat “Race for Everyone”, seri perdana HRSC berlangsung seru dengan kehadiran beberapa pembalap dari berbagai latar belakang.

Diantara para pembalap simulator, adalah Jaka Siswoyo, Arwin Taruna dan Attaya Kenzie. Selanjutnya pembalap kejurnas Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) Andika Rama Maulana dan Fitra Eri, dan tak ketinggalan pembalap gokart Daffa Ardiansa ikut adu kemampuan dalam ajang kejuaran balap simulator ini.

Dalam babak kualifikasi kelas Profesional, Jaka Siswoyo berhasil menduduki posisi pertama mengalahkan beberapa pembalap professional lainnya.

Guna menunjang kelancaran saat mengikuti kompetisi, para peserta sebelumnya telah dihimbau untuk mengatur software dan koneksi internet sebelum mengikuti race.

Peserta direkomendasikan menggunakan kabel LAN untuk memastikan koneksi internet yang stabil dan mengatur tampilan gambar di layar hingga minimal 60 frames per-second (FPS) untuk menghindari gejala lag saat balapan.

Selain itu untuk dapat meraih gelar juara, para peserta perlu memahami teori balapan dan terus berlatih menggunakan software simulator. Masing-masing peserta diberikan kesempatan mencoba sirkuit sebanyak 3 kali sebagai latihan.

Seluruh peserta juga perlu memperhatikan dan menaati peraturan yang ada agar terhindar dari resiko diskualifikasi.

“Meski virtual, ajang balap ini sangat menarik, apalagi sebelumnya Honda selalu konsisten mengadakan balapan HJSC dan HBSC di Sirkuit Sentul,” ungkap Business Innovation and Marketing & sales Director HPM Yusak Billy gembira, mengetahui jumlah pendaftar mencapai 230 orang, dari yang ditargetkan sebanyak 100 peserta, dalam siaran pers yang dilayangkan ke Trenzindonesia.com, selasa (7/7) lalu.Sementara itu, kejuaraan HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR), dimana setiap peserta akan menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version dalam program simulator balap Rfactor 2. Untuk meraih gelar juara, setiap peserta harus berlomba mengumpulkan poin sepanjang 6 seri yang akan digelar di beragam sirkuit virtual, dimulai dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zandvoort dan Estoril.

Lebih jauh, ajang balap virtual memperebutkan hadiah total sebesar Rp. 65 juta untuk 10 orang pemenang. Untuk kelas Professional, juara I memperoleh hadiah sebesar Rp.20 juta, diikuti juara II Rp.10 juta, juara III Rp.8 juta, juara IV Rp.6,5 juta dan juara V Rp. 5,5 juta.

Sedangkan kelas Amatir, juara I memperoleh hadiah sebesar Rp. 5 juta, juara II Rp. 4,5 juta, juara III Rp. 3 juta, juara IV Rp.2 juta dan juara V Rp.1 juta.

Gelaran seri dari balap virtual HRSC dapat ditonton secara langsung via YouTube dan Facebook Hondaisme. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik www.honda-indonesia.com atau Twitter @Hondaisme.   [Foto-Foto: Dok. HPM]

Leave A Reply

Your email address will not be published.