Trenz Indonesia
News & Entertainment

Smartfren WOW Concert 2020 Digelar Live Virtual Dari 3 Negara

107

Jakarta, Trenz Musik | Mengutip data yang dilansir oleh Koalisi Seni Indonesia, selama Pandemi Covid-19 yang degil bersemayam di Indonesia, terdapat sekitar 113 konser, tur, serta festival musik dibatalkan atau ditunda. Maka, dapat dirasakan dampak virus corona ini bak monster yang secara drastis memporak-porandakan seluruh tatanan kehidupan yang sudah terbangun dari para pekerja seni, khususnya di dunia musik.

Tak sedikit yang menyesalkan pembatalan atau penundaan yang terjadi. Namun, saat berada dalam spektrum ketidakseimbangan dan kepanikan, justeru membentuk kembali cara hidup kita, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan sampai pandemik ini hilang dari permukaan bumi pertiwi. Meskipun sulit untuk melukiskan banyak hal tentang situasi ini, tapi kehidupan haruslah tetap berjalan dan sebisa mungkin melawannya, aktivitas mesti bergerak tidak boleh kendor.

Smartfren merasakan itu. Setelah menunda WOW Concert 2020, akhirnya Smartfren menggelar konser ini dengan format virtual di bulan Agustus 2020, menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Smartfren WOW Virtual Concert yang akan menampilkan sederet musisi Internasional dan musisi ternama Indonesia, rencananya akan disiarkan langsung di SCTV dan melalui platform digital di Vidio.com serta platform digital Smartfren.

Seiring situasi pandemik Covid-19 yang kini beralih ke era New Normal, masyarakat harus beradaptasi dengan tatanan baru.

Tema “Indonesia Gue Keren” menjadi dasar penyemangat penyelenggaraan konser virtual ini. Berbagai kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara offline kini menjadi online; ruang gerak yang terbatas serta harus mengikuti protokol-protokol kesehatan. Oleh karena itu, konser virtual ini diharapkan bisa memberikan semangat baru, inspirasi dan hiburan kepada masyarakat Indonesia.

Smartfren WOW Virtual Concert 2020 hadir menjawab kerinduan para pengguna Smartfren dan segenap anak muda Indonesia akan hiburan interaktif dan kolaboratif yang melibatkan artis-artis internasional. Smartfren konsisten menjadi penggerak untuk konten-konten berkualitas seperti WOW Concert ini yang bisa di-streaming secara langsung ataupun kapan saja nantinya lewat jaringan 4G dan pilihan layanan terbaik Smartfren yang UNLIMITED ataupun Paket Layanan Kuota yang besar,” ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, Rabu (15/7), melalui preskon virtual.

Konser virtual ini akan digelar di 3 Negara; Inggris, Korea Selatan, Indonesia, dalam satu rangkaian yang sama. Sederet artis Internasional seperti HONNE, musisi dari Inggris yang merajai berbagai tangga lagu dunia dalam setahun terakhir, EVERGLOW band pop dari Korea Selatan. Sedangkan, artis-artis top tanah air seperti AGNEZ MO siap memberi kejutan lewat lagu terbaru. Ada pula, Andi Rianto, Ari Lasso, Dewa 19, Dipha Barus, Gading Marten & Gempita, Once Mekel, Raisa dan Tiara Andini. Acara yang akan dipandu Daniel Mananta, Luna Maya dan Okky Lukman ini, akan berlangsung 4 jam mulai pukul 18:00 WIB secara langsung di Vidio.com juga di SCTV.

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra mengatakan, konser virtual digelar lantaran bisa menjangkau lebih banyak yang terinspirasi. Uniknya, konser virtual Smartfren Wow ini memungkinkan beberapa peserta atau penonton terpilih untuk bisa berinteraksi secara virtual dengan pengisi acara. “Dengan konser virtual, masyarakat bisa merdeka dari rasa was was sekaligus membuat Indonesia jadi lebih keren dengan karya-karya yang kami berikan,” tutur Roberto.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Indonesia Entertainment Group (IEG), Indra Yudhistira mengatakan, pihaknya akan menggunakan berbagai teknologi dalam menampilkan konser virtual dari tiga negara ini. Nantinya, seluruh penampil akan menghibur penikmat musik tanah air dari berbagai tempat mulai dari Studio, rumah masing-masing, dan asal negara masing-masing. Setidaknya, Smartfren WOW Concert 2020 akan live dari 3 negara berbeda, yaitu Indonesia, Inggris (negara asal Honne) dan Korea Selatan (tempat asal Grup Idol).

Salah satu yang digaungkan adalah teknologi extended reality yang membuat penonton bisa tetap merasakan visual yang menarik. Berbagai konsep juga digunakan mulai dari hologram hingga interaksi virtual yang terasa nyata antara penonton dengan penampil. Indra bercerita, konser dengan teknologi extended reality sendiri pertama dilakukan di Amerika Serikat, yakni ketika Katy Perry tampil di panggung American Idol. “Konser ini menerapkan konsep virtual yang sesungguhnya. Di mana, penampil dan penonton bisa saling interaksi dan konser digelar dari tiga negara sekaligus. Pokoknya nanti akan banyak kejutan,” tutup Indra. (e20)

Leave A Reply

Your email address will not be published.