Trenz Indonesia
News & Entertainment

Korlantas Gelar Pelatihan Teknologi Rekonstruksi kecelakaan lalu lintas Menggunakan 3D Laser Scanner

67

Jakarta, Trenz News | Demi meningkatkan profesionalisme di bidang penanganan kecelakaan lalu lintas, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar pelatihan kemampuan peningkatan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan alat 3D laser scanner selama 4 hari, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara.

Pelatihan yang digelar selama empat hari diikuti 128 anggota lantas dari masing-masing wilayah Kepolisian Daerah dari seluruh Indonesia.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pujiono Dulrahman mengatakan, pelatihan ini dilakukan dengan tujuan, agar anggota Korps Lalu Lintas Polri mampu mengoperasian alat 3D Laser Scanner saat mengungkap kasus kecelakaan. Pelatihan diberikan dengan berbagai metode mulai dari tutorial hingga praktek di lapangan.

“Kita akan terus latih, ada video dan animasi. Ada modulnya juga, ada tutorial, jadi jika di lapangan ada kesulitan tinggal telepon,” terang Dirgakum Korlantas Polri.

“Sekarang 80 persen (paham). Kita kan ada video atau animasinya, kalau dia lupa lihat videonya, caranya seperti apa. Kalau ada kesulitan di lapangan tinggal telepon,” ujarnya.

Pelatihan serupa akan terus dilakukan sembari mengikuti perkembangan teknologi agar tidak sampai ketinggalan zaman. Penanganan kasus kecelakaan pun didapatkan hasil yang akurat.

Pujiono juga menyebutkan sejauh ini Korlantas Polri sudah mempunyai 39 buah alat 3D Laser Scanner tersebut yang tersebar di beberapa Polda di Indonesia, malah Pujiono juga menjanjikan kalau kedepannya teknologi buatan Swiss tersebut bakalan juga dimiliki oleh seluruh Polres di tanah air.

“Sekarang kita punya alatnya sebanyak 39, kedepannya bakalan menyusul alat tersebut dimiliki juga oleh Polres-Polres, kita tidak boleh ketinggalan, kalau ada yang lebih canggih lagi, kita ikuti,” tutup Brigjen Pujiono.

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.