Trenz Indonesia
News & Entertainment

Galeri Indonesia Kaya Hadirkan Kegiatan Menarik Bagi Para Penikmat Seni

#PuisiDiRumahAja dan Workshop Online Ruang Kreatif

178

Jakarta, Trenz Edutainment | Galeri Indonesia Kaya sukses menyelenggarakan beragam aktifitas dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di rumah, seperti menyaksikan pertunjukan teater lewat #NontonTeaterDiRumahAja,menari di rumah lewat Ruang Kreatif #MenariDiRumahAja serta menulis prosa lewat Ruang Kreatif #ProsaDiRumahAja. Kini Galeri Indonesia Kaya kembali menghadirkan kegiatan menarik dengan mengajak masyarakat untuk menulis puisi lewat #PuisiDiRumahAja serta menulis ide kreatif lewat Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho.

Print

“Antusiasme masyarakat, terutama penikmat seni yang tinggi dengan kegiatan-kegiatan di rumah yang telah kami hadirkan, mendorong kami untuk terus berinovasi dalam menyajikan kegiatan baru yang tentunya tidak kalah menarik. Kami ingin selalu  mendorong para penikmat seni untuk mengembangkan kreativitas walau sedang di rumah melalui berbagai kegiatan yang menarik. Semoga kegiatan terbaru ini dapat diterima dengan baik oleh para penikmat seni, sehingga semakin banyak karya-karya yang dapat dihasilkan walau sedang di rumah,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

 

Tampilkan Hasil Karya Puisi Dalam #PuisiDiRumahAja

Print

Bagi para penikmat seni yang tertarik dan gemar membuat dan membaca puisi, Galeri Indonesia Kaya mempersembahkan sebuah kompetisi #PuisiDiRumahAja dengan mencantumkan caption puisi bertemakan “Dari Balik Jendela” dengan foto apa saja di akun Instagram. Dari seluruh puisi yang diposting, akan dipilih 18 penikmat seni dengan karya puisi terbaik yang berkesempatan untuk membacakan hasil puisinya secara live pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 20.00 WIB di YouTube IndonesiaKaya.

Kegiatan yang akan dipandu oleh Sita Nursanti ini, dan ditemani oleh Bentara Bumi (founder Malam Puisi Indonesia) dan Putri Minangsari (co-founder Unmasked – Poetry Open Mic) serta dimeriahkan oleh lantunan suara merdu Louise Monique (vokalis Deredia). Acara ini juga mengundang pembicara tamu untuk membacakan puisi karyanya, untuk tayangan perdana #PuisiDiRumahAja ini akan menghadirkan aktris Putri Ayudya dan Komunitas Perempuan dan Puisi, sebuah komunitas yang diprakarsai oleh Sari Madjid, Daisy Lintang, dan Untari dari Teater Koma, bagi seluruh Perempuan yang ingin mengekspresikan rasa melalui Puisi.

“Sebelumnya kami sudah beberapa kali bekerja sama dengan Galeri Indonesia Kaya untuk menggelar poetry open mic, acara pembacaan puisi dimana semua yang hadir dapat turut berpartisipasi untuk membacakan karya puisi mereka. Kegiatan ini menjadi wadah bagi siapa saja dengan berbagai latar belakang namun sama-sama memiliki kegemaran membaca puisi. Kegiatan #PuisiDiRumahAja ini menjadi alternatif bagi para penikmat puisi yang berada di mana saja untuk bertemu secara virtual dan bersama-sama membacakan karya mereka. Selamat menulis!” ujar Putri Minangsari.

Berikut langkah-langkah untuk mengikuti kompetisi #PuisiDiRumahAja yang telah diposting di Instagram @indonesia_kaya:

  1. Tulis karya puisi kamu di caption dengan foto bebas. Tema puisi adalah Dari Balik Jendela.
  2. Mention @indonesia_kaya dan sertakan tagar #PuisiDiRumahAja.
  3. Post kamu ditunggu paling lambat tanggal 16 Mei 2020.
  4. Para peserta terpilih akan dihubungi langsung untuk tampil selama 3 menit.

 

Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho

Print

Tidak hanya itu, bagi para penikmat seni yang memiliki beragam ide kreatif, Galeri Indonesia Kaya juga memberikan kesempatan bagi para penikmat seni untuk mengikuti Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho. Penikmat seni dapat mengikuti kegiatan ini dengan mengirimkan tulisan ide kreatif yang dimiliki maksimal 2 halaman. Dari proposal yang masuk akan dipilih 100 peserta dengan ide kreatif terbaik. Para peserta terpilih dapat memilih salah satu Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho yang masing-masing berkapasitas 50 peserta dengan tema “Mengolah Ide Kreatif” pada Sabtu, 30 Mei 2020 pukul 14.00 – 15.30 WIB atau “Dramaturgi Dalam Penyutradaraan” pada Sabtu, 6 Juni 2020 pukul 14.00 – 15.30 WIB.

Workshop Ruang Kreatif merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan sejak 2016 yang mempertemukan pelaku seni pertunjukan dengan seniman-seniman muda di berbagai daerah. Kali ini, pertemuan yang menjadi wadah diskusi, sharing ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif akan diselenggarakan secara virtual sehingga memberikan kesempatan lebih besar bagi para seniman muda di berbagai daerah untuk turut serta. Walau tidak bertatap muka secara langsung, semoga kegiatan ini tetap bermanfaat bagi para seniman muda Indonesia,” ujar Garin Nugroho.

Berikut syarat untuk mengikuti Workshop Online Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho yang telah diposting di Instagram @indonesia_kaya:

  1. Peserta berumur 18-35 tahun.
  2. Mengirimkan tulisan ide gagasan berisi: Judul, Ide Karya, Latar Belakang maksimal 2 halaman.
  3. Kirimkan ke email ruangkreatif@indonesiakaya.com sertakan info:

Nama; Umur; No. Telepon; Pilihan Workshop dengan subjek email Workshop Online Ruang Kreatif.

  1. Peserta hanya diperbolehkan memilih satu kelas workshop.
  2. Dapat menggunakan atau memiliki aplikasi Zoom.
  3. Pendaftaran berakhir pada Senin, 18 Mei 2020.
  4. 50 peserta terpilih akan diumumkan pada 20 Mei 2020 melalui sosial media Ruang Kreatif dan juga akan dihubungi panitia.

 

Print

Dukungan Untuk Pekerja Seni Panggung Budaya

Musibah Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 ini membuat banyak acara seni, khususnya seni pertunjukan panggung yang mengalami pembatalan. Hal ini memberikan dampak yang keras bagi ribuan pekerja seni di Indonesia yang menjadikan seni panggung sebagai sumber penghasilan utama mereka. Untuk itu, Indonesia Kaya bekerjasama dengan Happy Salma, Butet Kartaredjasa dan Ratna Riantiarno sebagai para seniman pertunjukan panggung juga mengajak penikmat seni untuk memberikan sumbangsih pada para pekerja seni panggung budaya.

“Melalui kitabisa.com, kami ingin mengajak masyarakat untuk mendukung para pekerja seni panggung budaya yang kehilangan mata pencahariannya di saat yang kurang baik ini. Bantuan akan diberikan dalam bentuk dana ke para pekerja seni dan kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban para pekerja seni, sehingga mereka dapat berkarya lagi di kemudian hari,” tambah Renitasari.

Masyarakat dapat menyalurkan bantuan dengan membuka website https://kitabisa.com/campaign/indonesiakaya dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GOPAY/LinkAja/JeniusPay/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Setiap rupiah yang disumbangkan merupakan uluran tangan penuh arti bagi pekerja seni Indonesia. (Fjr/PR) | Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation

Leave A Reply

Your email address will not be published.