Trenz Indonesia
News & Entertainment

Masjid As-Sofia Bogor Adakan Buka Bersama Puasa 10 Muharram

183

Bogor, Trenz Lifestyle | Tepat bedug dan adzan Maghrib berkumandang, nuansa keriuhan dalam balutan wajah berseri mewarnai area masjid As-Sofia, yang terletak di jl. RE. Martadinata No. 42 Ciwaringin Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa (10/9).

Ya, senja menjelang petang yang cerah, para jamaah yang menanti waktu Maghrib kemudian tampak berbaris menjumput kudapan berbuka puasa yang antara lain dengan buah kurma, kue kue, aneka gorengan, kolak, es buah serta teh manis hangat yang tersedia di masjid As-Sofia tersebut. Hari itu memang bertepatan dengan hari Asyura atau hari ke-10 pada bulan Muharram dalam Kalender Hijriyah. Hari dimana terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim yakni berpuasa.

Hal ini berdasarkan pada hadits riwayat Abu Hurairah: “Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?’ Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram,” (HR Ibnu Majah).

Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan sebagai berikut. “Puasa yang paling utama setelah Ramadan ialah puasa di bulan Allah, Muharam.” Puasa Asyura atau puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharam atau untuk tahun ini jatuh pada Selasa (10/9/2019). Amalan ini menjadi lebih sempurna ketika dilakukan pada 8, 9, dan 10 Muharam.

Namun buka bersama puasa Asyura bukan menjadi agenda satu satunya yang diselenggarakan dalam rangka untuk memakmurkan masjid As-Sofia, Bogor. Karena pada hari tersebut ada serangkaian acara sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, karena banyak sekali rachmat dan karunia yang Allah berikan di hari Asyura ini.

“Hari ini kami dari masjid As-Sofia mengadakan buka bersama karena hari ini adalah hari Asyura 10 Muharam dimana Rasulullah SAW menganjurkan kepada kaum muslimin untuk berpuasa. Salah satunya adalah sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, karena banyak sekali rachmat dan karunia yang Allah SWT berikan pada hari Asyura ini. Dan bahkan bagi kaum muslimin yang berpuasa mendapatkan kafarat dosanya selama 1 tahun yang telah berlalu.”, papar Dr. H. Ibdalsyah, M.A. Ketua DKM Masjid As-Sofia,Bogor, Selasa (9/10).

Selain Buka Bersama, Masjid as-Sofia Bogor juga mengadakan khatmul Quran, yakni kegiatan yang dilakukan ketika para santri menyelesaikan khatam qurannya.

Dr. H. Ibdalsyah, M.A

“Dan juga kami mengadakan khatmul Quran, baca Quran 30 juzz bersama para santri Ulil Albab UIKA Bogor”, tambah pria yang biasa dipanggil Buya Dr. Ibdalsyah yang juga merupakan Ketua Program Magister Ekonomi Islam, UIKA (Universitas Ibn Khaldun) Bogor.

Bahkan Buya Dr. Ibdalsyah juga sempat mengajak para santri serta lainnya yang hadir untuk bersama sama berdoa untuk kemaslahatan dan kekuatan kepada Bapak Dr. Sofyan Basyir SE yang telah mewakafkan masjid as-Sofia, Bogor yang kini menghadapi ujian Allah SWT, juga untuk kesembuhan Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, M.Sc yang tengah dalam kondisi kurang sehat, doa kebahagiaan terhadap dua pasangan santri yang baru saja menikah serta doa untuk para santri biar diberikan istiqomahagar bisa menyelesaikan studinya.

Dan rangkaian acara dalam merayakan hari Asyuro di masjid As-Sofia Bogor pun diakhiri dengan makan malam bersama guna menikmati arabian cuisine (Masakan Arab) berupa Nasi Mandhi atau Mandhi Rice yakni hidangan khas dari kawasan Timur Tengah, tepatnya Hadramaut, Yaman. Yang khas dari nasi Mandhi adalah hidangan nasi berbumbu rempah yang disajikan dengan daging kambing atau ayam. Selain rasa rempah yang kentara, lembut dan empuknya daging pun jadi ciri khas sajian ini. (Fjr/TrenzIndonesia) | Foto: Fajar

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.